Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christian Sugiono Bangga Aktif Menulis di Wikipedia

Kompas.com - 30/03/2010, 15:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wikipedia Indonesia memilih artis muda, Christian Sugiono sebagai Duta Pengetahuan Bebas 2010. Pilihan jatuh kepada pria yang akrab dipanggil Tian ini karena Tian dianggap aktif di situs web ensiklopedia, Wikipedia Bahasa Indonesia.

"Sangat senang sekali bisa terjun langsung di proyek Wikipedia, itu suatu kebanggan, dapat memberi bantuan promosikan kompetisi ini dan menambah jumlah artikel di Wikipedia," ujar Tian saat ditemui di Kementrian Komunikasi dan Informasi, Jakarta, Selasa (30/3/2010).

Sebagai Duta Pengetahuan Bebas, Tian bertugas menarik perhatian masyarakat terhadap isu pengetahuan di internet sekaligus mempromosikan kompetisi menulis di Wikipedia Bahasa Indonesia yang bertajuk "Bebaskan Pengetahuan 2010".

"Wikipedia sangat penting karna ini sumber infomasi yang diakses gratis. Sekarang kendalanya apakah artikel di sana meningkat? Nah itulah kita pikirkan bagaimana meningkatkan kuantitas, kualitas, salah satunya dengan proyek ini," ujar suami Titi Kamal itu.

Christian Sugiono juga mengakui bahwa dia sering menggunakan Wikipedia sejak kuliah dan kerap menulis di situs warga tersebut. "Saya coba bikin, edit, saya cek masih ada (artikel saya), saya cek lagi ternyata berkembang, ditambahin orang. Tulisan kecil-kecil dulu," imbuh Tian.

Kompetisi menulis di Wikipedia Bahasa Indonesia "Bebaskan Pengetahuan 2010" merupakan kerja sama Wikipedia Indonesia dan Kementrian Komunikasi dan Informatika. Kompetisi ini menjaring mahasiswa yang memiliki tulisan di Wikipedia Bahasa Indonesia terbaik untuk mewakili Indonesia di konferensi internasional Wikimania 2010 di Gdansk, Polandia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com