Suzuki Motor Tambah Investasi 50 Juta Dollar AS

Kompas.com - 11/11/2009, 14:37 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) sangat berambisi tahun depan. Setelah mengumumkan rencana menambah investasi senilai US$50 juta untuk meningkatkan kapasitas produksi mobil, kini menyusul giliran motor dengan nilai yang sama.

Dengan suntikan itu, SIM akan meningkatkan kapasitas produksi motor hingga 40 persen jadi 720,000 unit pada 2010. Sementara  total produksi tahun ini diperkirakan mencapai 500.000 hingga 600.000 unit. Tujuan peningkatan,  agar bisa bersaing dengan dua pemimpin pasar motor utama di Indonesia yang masih di pegang  Honda dan Yamaha.

Presiden Direktur SIM Yoshiji Terada menjelaskan, dari jumlah produksi terbaru nanti, skutik paling besar. Produksinya meningkat hingga 50 persen menjadi 300.000 dari posisi tahun ini 200.000 unit.

"Pasar motor tahun depan kami perkirakan akan mencapai 6 juta unit. Merek lain sudah mempersiapkan kapasitas produksi, jadi sekarang kita juga menyiapkannya. Peningkatan terbesar dari model skutik, karena penambahan produksi  jenis motor ini mahal sekali dibanding tipe yang lain," ujar Terada dalam peluncuran acara "Geber Suzuki 2009, Ajang Adu Nyali dan Pacu Adrenalin" dengan Skydrive 125cc Dynamatic di Kantor Pusat Indomobil, Jakarta, Rabu (11/11).

Disebutkan, dana investasi yang dikucurkan akan digunakan untuk membeli berbagai permesinan untuk menambah kapasitas produksi motor Suzuki di pusat perakitan di Tambun I, Bekasi, Jawa Barat. Selain itu juga untuk persiapan menambahan beberapa model motor baru.

Sebelumnya, SIM menyatakan akan menyuntikan dana segar sekitar US$50 untuk mendongkrak produksi mobil sekaligus menambah model baru. "Untuk mobil, kita memiliki kapasitas produksi mencapai 100.000 unit per tahun. Tapi tingkat utilisasi (kapasitas yang digunakan) baru mencapai 50 persen dari total kapasitas produksi yang ada," ungkap Yoshiji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.