Ratusan Sekolah Negeri Ganti Nama

Kompas.com - 30/07/2009, 04:07 WIB
Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Sebanyak 347 sekolah negeri tingkat dasar hingga menegah atas dilakukan pergantian nama atau nomenklatur oleh Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. "Ke-347 sekolah tersebut sebelumnya memiliki nama lokal dari daerah masing-masing, kini setelah Kota Tangsel dimekarkan, sekolah-sekolah itu dinomenklatur, identik dengan nama Tangsel," ujar Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kota Tangsel, At-Ngatmin Al-Arif  di Tangerang, Rabu (29/7).
   
Al-Ngatmin mengungkapkan, ke-347 sekolah yang berganti nama yaitu, 317 sekolah dasar (SD) negeri, 17 sekolah menengah pertama (SMP) negeri, 11 sekolah menengah atas (SMA) negeri dan dua sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri.
   
"Contoh misalnya SMAN 1 Cisauk diganti nama menjadi SMAN 2 Tangsel, SMPN 1 Serpong diubah menjadi SMPN 1 Tangsel dan begitu seterusnya dengan nama baru," aku Ngatmin.
   
Diakui Al-Ngatmin, perubahan atau pergantian nama 347 sekolah tersebut mulai diberlakukan pada tahun ajaran baru 2009-2010. "Perubahan nama sekolah dirunut dari sekolah yang paling lama berdiri sampai sekolah yang baru berdiri. Misalnya SMAN 1 Ciputat yang paling lama berdiri menjadi SMAN 1 Tangsel," ungkapnya.  
   
Namun, sambung Al-Ngatmin, ijazah bagi ratusan pelajar kelas tiga dari masing-masing sekolah yang lulus pada tahun ajaran 2008-2009 masih mengunakan ijazah lama sebelum sekolah itu berganti nama. "Lulusan 2008-2009 masih diberikan ijazah lama sekolah itu dan pada tahun 2010 siswa-siswa yang lulus ijazahnya disesuaikan dengan nama baru sekolah tersebut," tandasnya.
   
Al-Ngatmin menegaskan, sekolah yang berganti nama tersebut diminta untuk merubah identitas lama menjadi identitas baru termasuk pada bed seragam sekolah dan plang sekolah. "Ini dimaksudkan untuk tidak membingungkan pelajar baru ataupun orang tua wali murid. Karena kita masih mendapati sejumlah plang sekolah dan badge seragam sekolah belum diganti oleh pihak sekolah masing-masing," aku Al-Ngatmin.
 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X