Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Perkuat Produksi di Eropa

Kompas.com - 18/07/2009, 07:38 WIB

PRAHA, KOMPAS.com — Produsen mobil asal Korea Selatan siap ekspansi pabriknya di Republik Ceska dalam periode dua tahun ke depan. Penguatan basis produksi ini akan menyerap dana investasi baru senilai 130 juta euro (183,4 juta dollar AS).

Seperti dilaporkan kantor berita Reuters, juru bicara Hyundai, Petr Vanek, menjelaskan, penanaman modal baru ini akan mampu menggenjot kapasitas produksi untuk distribusi wilayah Eropa menjadi 500.000 unit dari sebelumnya 300.000 unit setahun dan bisa direalisasikan pada 2011 dan 2012.

Strategi bisnis ini, dilakukan menyusul makin menguatnya permintaan Hyundai seiring perubahan tren pasar mobil di Eropa. Konsumen di regional ini lebih cenderung memilih mobil kompak dan tentu lebih murah yang diciptakannya ketimbang produk dengan bodi dan kapasitas mesin besar hasil kreasi produsen lain.

Tampaknya, krisis keuangan global memengaruhi prilaku konsumsi, khususnya dalam produk otomotif. Di sisi lain, suntikan dana segar ini juga akan mampu menopang anjloknya penanaman modal asing (PMA) di Ceska yang telah mencapai 1,96 miliar dollar AS hingga kuartal pertama tahun ini.

Sementara itu, untuk memaksimalkan permintaan yang ada saat ini, kinerja pabrik terus ditingkatkan. Jumlah waktu kerja ditambah dari satu menjadi tiga dalam satu hari. Dampaknya, penyerapan tenaga kerja bertambah menjadi 3.400 orang, dari sebelumnya 2.000 pekerja.

Lalu, kapankah giliran realisasi investasi Hyundai di Indonesia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com