Yuk, ke Salon Mobil

Kompas.com - 11/07/2009, 10:02 WIB
Editor

KOMPAS.com - Kebersihan mobil mencerminkan kepribadian pemiliknya. Dekilnya bodi karena jarang dicuci, bukan saja tidak peduli, menandakan kalau sang empunya jorok. Apalagi kelir hitam dan putih, mesti mendapat perhatian khusus.

Nah, kalau enggak mau dicap jorok, masukan kendaraan ke salon mobil. Masuknya musim panas, tempat cuci dan salon mobil mulai kebanjiran order. Selain bikin "kinclong" tampilan, dengan rajin dicuci, mencegah karat menggerogoti bodi.

Kini, salon mobil tumbuh bak jamur di msuim hujan. Mulai dari yang mengkhususkan diri sampai tempat cuci mobil pun membuka paket berikut poles bodi. Seperti Pondok Labu Motor di Jl. RS Fatmawati No.25, Jakarta Selatan yang ditemui Kompas.com hanya melayani perawatan ringan (cuci mobil). Kalau mau poles, kata seorang karyawan, bisa dan akan dikerjakan oleh pemoles panggilan.

Medium dan berat
Beda dengan Seven Ten , masih dibilangan Jl. RS Fatmawati No.7 menawarkan perawatan lengkap. Mulai dari cuci steam, poles hingga lapisan perlindungan khusus untuk daya tahan cat mobil Anda.

Achmad Tjahyana, selaku store manager Seven Ten mengatakan konsumen ditawarkan beberapa paket perawatan mobil. Mulai dari yang teringan hingga berat. Setiap jenis mobil memiliki harga yang beda.

"Setiap jenis mobil kita bagi menjadi empat. Sama seperti ukuran baju, dari small (S) seperti Jazz dan Yaris, medium (Innova, Xenia, Panther), large (Ford Everest dan Toyota Fortuner), extra large (Toyota Alphard, Nissan Elgrand) dan yang tergolong luxury car (Ferrari, Porsche)," jelas Achmad.

Untuk cuci menggunakan teknologi snow wash hingga tambahan perawatan wax, mesin, dan interior ditawarkan dari mulai Rp30.000 hingga termahal Rp140.000 sekali perawatan. Itu baru cuci.

Kalau mau  perawatan poles, tempat ini menawarkan beberapa paket yang disebut  "Auto Detailing". Paket ini dibagi menjadi tiga perawatan utama mulai dari Car Sign, Car Show, Sampai yang tertinggi Car Crazy. Untuk setiap perawatan ini, mobil bisa siap dalam hitungan dua hingga tiga jam.

"Pengerjaan Auto Detailing, itu memang seharian. Tergantung dari berat dan ringan kondisi mobil. Tapi yang pasti kita detail dan itu yang membuat pekerjaan kita lama," terangnya.

Untuk perawatan ini, harga yang dipatok bervariasi. Mulai dari Rp550.000 untuk termurah untuk jenis mobil Small sampai yang termahal XL Rp1,5juta setiap perawatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.