Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istimewanya Innova Diesel Matik

Kompas.com - 28/05/2009, 10:47 WIB

KOMPAS.com — Ketika sowan ke Mobil88 Cilandak, di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, dan menanyakan Kijang Innova diesel dengan transmisi otomatik, pertanyaan itu langsung dijawab oleh Leovan Widjaja, “Sama saja dengan  mencari jarum di jerami. Orang yang membeli Kijang Innova Diesel dengan transmisi otomatik, unik. Mereka tak mau menjualnya lagi, dan benar-benar dipakai.”

Lebih lanjut, ia menjelaskan keunikan pemakai Innova Diesel matik, mereka berani bayar mahal. “Di antara seluruh Innova, paling mahal (adalah) mesin diesel dengan transmisi otomatik,” ungkapnya sembari melihat daftar harga Innova diesel matik. Saat ini, Innova transmisi otomatik varian V dijual Rp 285.100.000, sedangkan varian atau grade G Rp 254.300.000.

Contoh unik konsumen Innova diesel matik adalah Ardianto. Ia memiliki Kijang Innova Diesel transmisi otomatik produksi 2005 dengan mesin yang telah dimodifikasi sedikit. Di samping itu, agar benar-benar nyaman berada di dalamnya—karena sering digunakan ke luar kota—dilengkapi pula dengan peredam. Hasilnya, selain mesin makin agresif, juga makin nyaman. Dan tak kalah penting, biaya operasionalnya tidak banyak menguras kantong.

Khusus Diesel Matik. Berdasarkan data yang diperoleh KOMPAS.com dari PT TAM, Innova Diesel matik mendapat perlakuan khusus dibandingkan versi transmisi manual. Meski mesin sama, begitu juga tenaga yang dihasilkan, torsi Innova Diesel transmisi otomatik lebih besar. Kalau Innova Diesel manual torsinya 200 Nm @1.400-3.200 rpm, maka pada transmisi otomatik 260 @1.600-2.400 rpm.

Tidak hanya torsi yang bertambah, hasil itu juga diperoleh pada putaran rendah, yaitu 1.600-2.400 rpm. Hasilnya, Innova Diesel dengan transmisi otomatik ini, tenaganya terasa kuat. Di samping itu, Innova ini makin nyaman saat digunakan pada jalanan macet atau tanjakan.

“Memang, saat dites wartawan, mereka bilang, justru tenaga Innova Diesel lebih responsif,” ujar Iwan Abdurachman, dari bagian Training PT TAM. “Kendati mesin yang digunakan sama, namun program komputernya berbeda. Pada Innova Diesel matik, torsi diprogram lebih besar. Di samping itu, dihasilkan pada putaran lebih rendah dibandingkan manual," ungkapnya.

Transmisi otomatik Innova makin canggih. Kerjanya dikontrol secara elektronik atau ECT (electronic control transmisssion). Versi terbaru pengoperasiannya lebih gampang karena menggunakan tipe “gate”. Tidak ada lagi tombol “shift lock” dan “overdrive”. Semua sudah diaturkan antara komputer mesin dan transmisi.

Dengan karakteristik khusus tersebut, selain bertenaga, tentu saja sangat nyaman digunakan pada kondisi jalanan yang macet. Kaki kiri tak perlu lagi mengoperasikan kopling, pengoperasian transmisi juga jauh lebih mudah. Namun, itu tentu saja tetap irit. Wajar dicari!

Perbandingan gigi transmisi otomatik Innova Bensin dan Diesel

Gigi
Diesel
Bensin
1
2,084
2,826
2
1,531
1,493
3
1,000
1,000
4
0,705
0,730
Mundur
2,393
2,703
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com