Kawasaki Luncurkan Trail KLX150S

Kompas.com - 17/05/2009, 10:08 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan produk barunya, jenis dual purpose atau trail, yaitu KLX150S. Peluncuran dilakukan Sabtu (16/5) sore di Parkir Timur Senayan dalam acara The Art of Adventure yang dihadiri manajemen KMI yang umumnya berasal dari Jepang. Sepeda motor ini dipasarkan dengan harga Rp 21,7 juta (on the road, Jakarta).

Sampai saat ini, KMI satu-satunya produsen atau ATPM sepeda motor di Indonesia yang memasarkan motor trail. Sebelumnya, produsen yang sangat dikenal dengan warna hijau ini sudah memasarkan KLX250S pertengahan lalu.

“Kami terus berusaha memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia. Khusunya mereka yang membutuhkan motor trail atau dual purpose. Kami pilihkan KLX150 S bermesin 150 cc dengan harga yang makin terjangkau. Di samping itu, ukurannya sesuai dengan kebutuhan kebanyakan pemakai motor trail di Indonesia,” jelas Shigeo Ikemoto, Presdir PT KMI.

Karena harganya yang cukup mahal dibandingkan kebanyakan motor sport biasa, KMI tidak membuat target muluk-muluk untuk motor ini. “Target kami, bisa menjual KLX150S sekitar 15.000 unit untuk tahun ini, sudah bagus,” ujar Mitshuhiko Okada, Manager Divisi Pemasaran KMI.

Sementara itu, menurut dealer Kawasaki di Yogyakarta yang hadir pada acara peluncuran ini mengatakan, peminat motor trail ini cukup tinggi di daerah tersebut. “Kami bisa menjual 1.500 unit per bulan,” ungkapnya.

Puluhan Ribu
Dengan KLX150S, KMI berharap bisa meningkatkan penjualannya di Indonesia tahun ini mencapai 80.000 unit. “Tahun lalu, kami baru mencapai 45.000 unit,” ungkap Okada. Bahkan, sampai Mei ini, Okada mengaku sudah menjual 25.000 unit produknya dari berbagai model.

“Angka penjualan sekarang, yaitu 5.000 unit per bulan, memang tidak sesuai dengan target sampai akhir tahun. Namun, waktu mendatang, penjualan akan meningkat,” katanya.

Ditambahkan, Kawasaki saat ini berusaha meningkatkan citranya, memperbaiki kualitas layanan. Ia juga mengaku, dulu banyak produk Kawasaki ditarik karena dealer mereka tidak bisa menjual. “Kini kita telah bekerja dengan lembaga leasing untuk mendukung penjualan kita,” beber Okada lagi. Dijelaskan pula, produk unggulan Kawasaki tetap bebek, yaitu Blitz.

Spesifikasi Teknis
Kawasaki KLX150S menggunakan mesin 4-langkah, SOHC, satu silinder, 2 katup. Kapasitas asli mesin 144 cc dan menghasilkan tenaga 11PS @8.000 rpm dan torsi maksimal 12 Nm @6.500 rpm. Motor ini masih menggunakan karburator Keihin NCV24 dengan transmisi 5 kecepatan.

Fitur motor ini dilengkapi starter elektrik dan suspensi belakang monoshock. Karena dual purpose, motor pun dilengkapi dengan lampu sein dan lampu depan dengan desain yang sporty. Kedua roda, depan dan belakang, menggunakan rem cakram.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X