Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda DN01 Bertransmisi Tiptronic

Kompas.com - 25/11/2008, 08:54 WIB

Honda DN01 2008 ini baru satu-satunya di Indonesia dan dipasarkannya pun tahun ini juga, tepat April lalu. Alexander Lunardi, sang pemilik kepincut memboyong moge bermesin 4-tak 680 cc bertransmisi otomatis ini, “Desain dan fitur yang disediakan sangat keren dan futuristik. Karena itulah saya boyong dari Jepang,” tegas Lunardi kepada Motor Plus.

Kehebatan dari motor ini, sistem transmisi bisa diubah manual yang diatur melalui tombol yang terletak di sebelah kanan setang. Kalau di mobil, mirip dengan Tiptronic. Sekalipun dalam kondisi sedang jalan, posisi transmisi yang otomatis bisa dipindahkan ke manual dan perpindahannya sangat smooth.

“Selain itu, di setang kiri masih ada tombol pengatur tipe transmisi. Mau drive normal atau sport. Kalau sport akselerasinya lebih cepat dan rpm agak tinggi,” beber pria berusia 60 tahun yang hobi turing ini.

Masih ada lagi, kehebatan teknologinya. Sistem suplai bahan bakarnya dikemas dengan teknologi PGM-FI (Programmable Fuel Injection) yang betul-betul mencirikan motor masa depan. Tenaga besar dan ramah lingkungan.

Saat mendaratkan pantat di atas jok, langsung terasa kesan cruiser. “Desain jok dan posisi kaki memang tipe cruiser banget, sehingga enak diajak jalan jauh,” papar Lunardi. Ditambah lagi, pijakan kaki besar dan lebar, memungkinkan biker pakai sepatu model apa saja merasa nyaman.

Begitu kunci kontak di posisi “ON”, langsung muncul beberapa indikator di laya dasbor. Itulah canggihnya, bangga Pak Lun (sapaan akrab Kunardi), pemilik jaringnan dealer Honda Bintang Motor ini. Selain data lengkap juga memberi kenyamanan dan keselamatan.

Ketika diberi kesempatan menjajal, sempat kaget lantaran bodi depan agak berat. Wajar, lantaran kapasitas tangki saja 15 liter. Dengan kapasitas mesin 680 cc, tenaga motor sangat menakjubkan, meski tanpa pengujian dengan vericom. Akselerasinya, mantap dan badan ketarik saat gas dibetot.

Rem mendadak, usah takut motor tergelincir karena sistem penghenti laju, baik depan maupun belakang sudah dilengkapi ABS (antilock braking system). Menariknya, selain tuas rem di kaki, yang di tangan kanan untuk pengereman ganda (bareng depan dan belakang.

Perihal warna, Honda DN01 punya beberapa alternatif, namun Lunardi tertarik dengan ungu bunglon. “ Sengaja pilih bunglon karena warnya bisa berubah-ubah tergantung sinar,” sebutnya. Satu lagi, motor ini ada rem parkir yang posisinya di sebelah kanan (tepat di atas footstep). “Berfungsi saat parkir di tanjakan atau turunan, motor nggak akan meluncur,” komentarnya.
User friendly dan safety. (Nurfil)


DATA SPESIFIKASI
Mesin                        : 4-tak 8 valve SOHC 52° V-Twin
Bore x stroke            : 81 mm x 66 mm
Kompresi                  : 10 : 1
Kapasitas                  : 680 cc
Tenaga                      : 45 dk/7.500 rpm
Ignition                      : Fully Transistorized Electronic
Transmisi                   :CVT HFT (Honda Friendly Transmision)
Wheel base                : 1.610 mm
Tinggi                         : 712 mm
Ground clearance       : 130 mm
Kapasitas tangki         : 15 liter
Konsumsi BBM          : 25 km/liter
Ban depan                  : Dunlop 130/70ZR17
Ban belakang              : Dunlop 190/50ZR17
Sok depan                  : Telescopic 41 mm
Rem depan                 : 296x4 mm dual hydraulic 3 piston ABS
Rem belakang             : 276x6 mm, 2 piston ABS
Berat kosong               : 270 kg

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com