Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Grand Vitara Dimodif Superkilat

Kompas.com - 23/10/2008, 13:23 WIB


Coba tebak, berapa lama memodifikasi Suzuki Grand Vitara 2008 dari standar sampai tampilannya menjadi ceper, bodi membengkak dan pakai velg superlebar? Bagian yang dipermak sudah jelas, kan. Mulai bodi, kaki-kaki dan bagian lainnya.

Boleh percaya boleh tidak, penggarapan SUV hitam ini  tidak lebih dari jumlah jari di satu tangan. Ayo, berapa lama? Agar tidak penasaran, pengerjaannya tiga hari empat malam. Hasilnya pun, sangat rapi dan membuat sang pemilik - maaf tak mau disebut namanya - bangga.

Bisa sesingkat itu lantaran Lm&T, rumah modifikasi di Jakarta Selatan yang mengubah tampilan bodi, menerapkan konsep one piece bumper (depan maupun belakang). Perhatikan bumper belakang yang menyatu dengan diffuser. Bentuk bumper seperti ini jarang terungkap pada karakter body kit buatan Lm&T.

lantas penggarapan kaki-kaki, secepat bodykah? Karena pemakaian velg superlebar, tentu banyak yang harus dibenahi. Ternyata, dengan velg berlebar 9,5 inci yang sebelumnya oleh pemilik dipakai pada Toyota Herriernya, tak banyak ubahan. Hanya spatbor belakang harus di roll dan bannya di camber mentok.

Begitu juga pemasangan air-sus, yang harus menyentuh interior karena penampatan sistem pengoperasiannya. Rumah modifikasi Concept Motosport di kelapa gading, Jakarta Utara yang mengerjakannya boleh dibilang tidak menemui kesulitan. Terutama untuk air-sus yang kebetulan ada untuk Grand Vitara berlabel Air Runner yang baru masuk. Harga sekitar Rp 45 juta lebih langsung disantap sang pemilik mobil.

Sistem pemasangannya model bolt on bisa mempersingkat waktu. Enaknya, pada dasbor sudah tersedia tempat yang membulat seperti layaknya knob AC. Tinggal di bor, meteran air-sus yang membulat bisa dipasang, seolah-olah terintegrasi dengan tombol AC.

Beres, kan! (Rudy)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com