Presiden Resmikan Bandara Sultan Hasanuddin dan Jalan Tol

Kompas.com - 26/09/2008, 10:14 WIB
Editor

MAKASSAR, JUMAT-  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat  (26/9) pagi ini, dijadwalkan  meresmikan sejumlah proyek termasuk dua megaproyek di Sulawesi Selatan yakni Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan Jalan Tol Seksi IV di Makassar. Keberadaan infrastruktur bernilai ratusan miliar tersebut diharapkan menunjang kelancaran investasi dan mempertegas peranan Kota Makassar sebagai gerbang dan pusat pelayanan Kawasan Timur Indonesia.

Dalam jadwal acara yang diperoleh dari Biro Humas Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan,  Presiden juga  dijadwalkan meresmikan pengoperasian Kapal Motor Gunung Dempo dan kapal-kapal perintis. Bandara Sultan Hasanuddin yang dibangun dengan dana sekitar Rp 234,4 miliar menggantikan  Bandara Hasanuddin.  Dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I, soft opening-nya sudah dimulai 4 Agustus lalu. Asia Air  merupakan salah satu maskapai yang telah memanfaatkannya untuk penerbangan internasional.

Humas PT Angkasa Pura I, Didik Suriyanto menjelaskan, perluasan dan pengembangan bandara ini dimulai tahun 2004 dan rencananya selesai tahun 2009. Perluasan meliputi terminal penumpang yang berkapasitas 7 juta penumpang per tahun dan lapangan parkir pesawat yang berkapasitas 17 pesawat berbadan lebar. Bila dikembangkan, lapangan parkir pesawat mampu menampung hingga 33 pesawat berbagai ukuran.

Ada pun landas pacu baru sepanjang 3.100 m x 45 m berikut taxiway. Bandara dengan klasifikasi 1A, ini memiliki luas terminal 51.000 meter persegi. Letaknya, dalam wilayah kota Makassar,  5 km  lebih rapat ke pusat kota dibanding bandara lama yang berjarak 30 km dari pusat kota Makassar. Sementara itu jalan tol seksi IV Makassar adalah pengembangan dari jalan tol sebelumnya. Panjang jalan tol ini adalah 11,57 km. Mulai dibangun tahun 2006, total investasi jalan tol ini sekitar 534 miliar. Pendanaan berasal dari konsorsium Bank Mega, Bosowa Group, ditambah APBN.

Pengembangan jalan tol ini diharapkan mampu mengimbangi kepadatan   arus lalu lintas terutama dari kawasan Industri Makassar dan sekitarnya yang berada di sekitar jalan tol, ke Pelabuhan Laut Soekarno-Hatta. Demikian pula arus lalu lintas dari wilayah Kota Makassar menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. (REN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.