Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda All-New City Bergaya Mobil Konsep

Kompas.com - 15/09/2008, 08:22 WIB

Inilah Honda City generasi ke-3 yang diberi nama “All-New City”. Resmi dijual ke publik sejak 10 September lalu. Thailand merupakan negara pertama yang meluncurkan All-New City. Hal itu bisa dimaklumi, karena di Negara Gajah Putih itulah City dibuat. Negara berikutnya adalah India.

Bagaimana dengan Indonesia? Belum ada konfirmasi pasti dari PT Honda Prospect Motor (HPM). Namun menurut berbagai pihak dari jaringan Honda, All-New City juga segera dipasarkan. Dikhabarkan pula, kini PT HPM lagi sibuk mengetes beberapa unit All-New City. Juga sudah mengantongi ijin impor CBU dari Departemen Perindustrian .

City pertama kali dipasarkan pada 1996. Kini dibuat di 7 negara dan dipasarkan ke 39 negara. Menurut pihak Honda, sampai Mei 2008, kumulatif penjualan City sudah satu juta lebih. Karena itulah, sedan ini dijadikan produk inti Honda di samping Civic, Accord, CR-V dan Jazz (Fit).

Mobil Konsep
Wajah All-New City berbeda jauh dibandingkan dengan pendahulunya New City. Penampilan sedan ini lebih gagah karena desain gril dan bumpernya dinamis. Bahkan bila diteliti lebih cermat, desain bagian depan sudah mengadopsi gril, bumper dan lampu mobil konsep Honda yang akan dipamerkan pada Paris Motor Show bulan depan, yaitu Honda Insight (hibrida), CR-Z (sport hibirida) dan FCX Clarity (hidrogen).

Dengan wajah barunya tersebut, City telah menjadi magnet bagi konsumen atau pengemar sedan kompak Honda di negara-negara Asia. Tak hanya konsumem Thailand membahas kemunculan All-New City ini, tetapi sudah sampai ke India, Pakistan, Malaysia dan tentu saja Indonesia.

Eksterior
Sebagai sedan kompak, dimensinya tidak berbeda jauh dengan New City. Untuk panjang dan lebar hanya berbeda dalam satuan milimeter. Dimensi yang cukup banyak mengalami perubahan hanya tinggi, 15 mm.

Dari depan, gril dan lampu, desainnya berubah total. Versi sekarang, lebih dinamis dengan gril krom berjenjang. Garis-garis gril terintegrasi dengan lampu depan membentuk busur panah. Bumper depan, berdimensi lebih besar memberikan kesan lebih bertenaga.

Samping, desainnya mengarah ke saudaranya yang lebih tua, Civic. Seluruh kaca samping atau pintu, di depan dan belakang, bagian atas melandai atau parabolik. Memberikan kesain lebih dinamis dan aerodinamika.

Di belakang, All-New City juga didesain ulang secara menyeluruh. Lampunya model baru, terdiri dari dua segmen, merah dan putih. Bagasi belakang lebih pendek, seperti Hyundai Avega.

Interior
Desain dan corak interior juga berubahtotal. Jok kini menggunakan warna hitam. Begitu juga dengan dashboard. Perpaduan ornamen atau aksetuansi pada All-New City memberi kesan ebih ekslusif dan mewah. Hal ini dilakukan Honda dengan menambahkan unsur krom pada bagian tengah dashaboard dan tempat tombol power window di pintu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com