Dibanderol Rp 500 Jutaan, Intip 5 Keunggulan All-New KONA Electric

EV Leadership | Kompas.com - 22/08/2024, 14:57 WIB

Dibanderol Rp 500 Jutaan, Intip 5 Keunggulan All-New KONA Electric

KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan All-New KONA Electric dalam perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD City, Tangerang, 18-28 Juli 2024.

Peluncuran mobil listrik tersebut menjadi tonggak sejarah bagi industri otomotif tanah air. Pasalnya, All-New KONA Electric menjadi mobil listrik pertama di Indonesia yang menggunakan baterai secara lokal.

Selain menawarkan performa yang mengesankan, All-New KONA Electric yang mengusung berbagai inovasi terdepan menawarkan pengalaman mobilitas terbarukan.

Executive Chairman Hyundai Motor Group Euisun Chung memastikan, Kona Electric menjadi mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) pertama yang memakai baterai lokal buatan Indonesia. Tak hanya itu, mobil ini juga memiliki tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tertinggi saat ini. Hal ini berkat supply chain mobil listrik yang lengkap dari Hyundai Motor Group, mulai dari pabrik sel baterai,  battery system, hingga perakitan mobilnya.

"Hyundai Motor Group meyakinkan bahwa aktivitas industri EV di Indonesia akan memberikan peluang ekonomi baru bagi seluruh Asia Tenggara," kata Euisun dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (14/8/2024).

Lantas, apa saja keunggulan All-new KONA Electric?

  1. Desain futuristik dan stylish

All New KONA Electric menawarkan desain futuristik dan stylish dengan dimensi panjang 4.355 milimeter (mm), lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.580 mm. Hal ini tampak pada desain mobil yang profil clean dan aerodinamis.

Selain itu, Pixelated Seamless Horizon Lamp yang membentang di bagian depan dan belakang menciptakan tampilan ikonis dari All-New KONA Electric. Lalu, twin headlamp dengan lampu projector Full LED yang terintegrasi di bumper depan. Hal ini menciptakan sorotan cahaya yang eye-catching.

Selain itu, wheel arch-nya yang sewarna bodi menyatu dengan lampu depan dan belakang memberikan kesan dinamis.

Permukaan parametrik diagonal yang tegas serta molding chrome satin membentang hingga ke beltline untuk menambah kesan elegan pada mobil ini. Tak ketinggalan, integrasi Active Air Flap di bumper depan mampu meningkatkan efisiensi energi saat tertutup. Hal ini memberikan pendinginan yang dibutuhkan komponen kendaraan saat terbuka.

Untuk varian Signature Long Range, All-New KONA Electric dilengkapi Alloy Wheel 19 inci dengan ground clearance 151 milimeter (mm). Penggunaan alloy wheel lebih ringan ketimbang steel wheel. Dengan demikian, pengendara dapat bermanuver lebih lincah demi menjamin pengalaman berkendara yang menyenangkan.

All-New KONA Electric dirancang dengan estetika dan teknologi terbaik yang merepresentasikan kecanggihan dan kenyamanan pengalaman berkendara dari EV.

  1. Kabin luas bikin nyaman perjalanan

Hyundai menjadikan All New KONA Electric sebagai kendaraan yang memiliki ruang bagasi besar di kelasnya. Implementasi lantai datar (flat floor) tanpa tunneling pada baris kedua menambah luas dan kenyamanan interior dalam mobil.

Ukuran kendaraan yang lapang memungkinkan interior All New KONQ Electric begitu fungsional. Hyundai mengklaim, All-new KONA Electric menjadi salah satu kendaraan dengan ruang bagasi paling besar di kelasnya dengan kapasitas 466 liter (VDA).

Dengan kapasitas sebesar ini, All New KONA Electric mampu menampung berbagai barang pengguna, seperti dua tas golf full size atau tiga koper travel berukuran 28 inci.

Untuk kenyamanan, pengguna bisa menambah kapasitas penyimpanan kendaraan dengan melipat kursi belakang secara praktis tanpa perlu melepas sandaran kepala. Saat baris kursi belakang terlipat, All-New KONA Electric akan menawarkan ruang bagasi yang lebih luas dan datar dengan kapasitas mencapai 1.300 liter.

Dengan tambahan kapasitas tersebut, pengguna bisa membawa muatan besar secara aman dan nyaman untuk kebutuhan bepergian jarak jauh.

  1. Inovasi teknologi terdepan yang meningkatkan kenyamanan

All-New KONA Electric dibekali inovasi teknologi terkini, seperti Hyundai Bluelink. Hyundai Bluelink merupakan sistem konektivitas pintar yang memanfaatkan teknologi terkini untuk meningkatkan interaksi antara pengemudi dan kendaraan.

Dengan aplikasi smartphone Hyundai Bluelink, pengguna dapat memantau status baterai kendaraan, termasuk sisa daya dan waktu pengisian baterai. Pengguna juga bisa melihat visual kendaraan secara 360° pada saat kendaraan sedang dalam keadaan mati melalui View Around My Vehicle di aplikasi Hyundai Bluelink.

Selain itu, All-New KONA Electric sudah dilengkapi over-the-air (OTA) update. Dengan fitur ini, pengguna dapat memperbarui fitur mobil tanpa datang ke dealer, mulai dari keperluan entertainment hingga charging.

Selain itu, mobil listrik itu juga memiliki sistem regenerative braking system inovatif. Sistem ini dapat mengisi daya baterai mobil dengan memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan saat mobil tengah melakukan deselerasi.

Penggunaan regenerative braking system bisa membuat kendaraan listrik dapat berhenti secara sempurna menggunakan fitur khusus, yaitu i-Pedal. i-Pedal merupakan fitur yang memberikan kontrol kecepatan kendaraan meliputi akselerasi, deselerasi, dan penghentian kendaraan hanya dengan memodulasi tekanan pedal akselerator.

Selain itu, terdapat juga Smart Power Tailgate di All-New KONA Electric. Fitur otomotif ini berguna untuk memudahkan akses dan pengaturan bagasi mobil secara otomatis.

Dengan teknologi tersebut, pengguna mobil dapat membuka atau menutup pintu bagasi hanya dengan menggunakan tombol atau sensor gerakan tanpa membuka pintu secara manual.

  1. Fitur keamanan aktif

Sebagai mobil listrik teranyar Hyundai, All-New KONA Electric telah mengadopsi fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) canggih dari Hyundai SmartSense untuk menjaga keselamatan pengguna selama berkendara.

Jadi, pengguna bisa merasakan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman dengan all-new KONA Electric dibanding kendaraan lain di kelasnya.

Adapun fitur keamanan yang tersedia di All-New KONA Electric adalah Forward Collision Avoidance (FCA), Driver Attention Warning (DAW), High Beam Assist (HBA), Blind-spot View Monitor (BVM), Blind-Spot Collision Avoidance Assist (BCA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Surround View Monitor (SVM), Parking Collision-avoidance Assist - Reverse (PCA-R), Safe Exit Warning (SEW), Smart Cruise Control (SCC) with Stop & Go Function, Lane Keeping Assist (LKA), serta Lane Following Assist (LFA).

FCA merupakan fitur untuk mendeteksi pengereman mendadak kendaraan di depan, pejalan kaki dan pesepeda menggunakan radar dan kamera. Sistem ini mengerem otomatis jika diperlukan saat berbelok kanan di persimpangan untuk menghindari kendaraan yang datang dari arah berlawanan.

Lalu, LKA merupakan fitur untuk mencegah kendaraan keluar jalur lewat kamera depan untuk memantau garis jalan. Jika kendaraan keluar jalur tanpa sengaja, sistem ini memberi peringatan dan dapat mengarahkan mobil kembali ke jalur secara otomatis.

Sementara itu, Smart Cruise Control (SCC) with Stop and Go membantu menjaga jarak dari kendaraan di depan dan mengemudi pada kecepatan yang ditetapkan, termasuk berhenti dan memulai kembali saat berkendara.

  1. Mampu tempuh hingga 600 km

All-New KONA Electric hadir dalam lima varian untuk memperkaya pilihan masyarakat Indonesia, yaitu Signature Long Range, Signature Standard Range, Prime Long Range, Prime Standard Range, dan Style. Dengan demikian, konsumen bisa memilih mobil yang paling ideal sesuai kebutuhan mobilitas.

Sebagai informasi, varian Signature Standard Range, Prime Standard Range, dan Style memiliki kapasitas baterai 48,9 kilowatt-hour (kWh) dengan jarak tempuh lebih dari 400 kilometer (km) dalam sekali pengisian daya. Motor pada kedua trim ini mampu menghasilkan daya 114,6 kW (kilowatt).

Varian Signature Long Range dan Prime Long Range dibekali baterai berkapasitas 66 kWh dengan jarak tempuh masing-masing lebih dari 500 km dan lebih dari 600 km. Motor penggerak dari kedua trim ini sama-sama mampu menghasilkan daya 160 kW.

Meski mengusung dua versi motor penggerak dengan output daya berbeda, seluruh varian dari All-New KONA Electric mampu menghasilkan torsi sebesar 255 Newton meter (Nm). Pengguna dapat merasakan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan powerful sejak detik pertama.

Adapun kecepatan maksimum yang dapat dicapai All-New KONA Electric adalah 167 km per jam (long range) dan 155 km per jam (standard range).

© 2024 | All Rights Reserved
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau