Beli EV Hyundai Bebas Worry, Purnajual Andal dan Ekosistem Terintegrasi

EV Leadership | Kompas.com - 22/08/2024, 14:35 WIB

Beli EV Hyundai Bebas Worry, Purnajual Andal dan Ekosistem Terintegrasi

KOMPAS.com – Industri otomotif global tengah bergerak cepat menuju era elektrifikasi. Di Indonesia, hal ini tecermin dari kesuksesan gelaran akbar beberapa pameran otomotif di Tanah Air.

Hampir pada tiap pameran, beragam mobil elektrik mejeng, mulai dari berdaya baterai hingga mobil hibrida.

Hyundai menjadi salah satu produsen yang berhasil mencuri perhatian khalayak pada pameran tersebut. Sebab, Hyundai merupakan pionir dalam menghadirkan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) yang ramah lingkungan dan berteknologi tinggi.

Chief Operating Officer (CEO) PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto menjelaskan, posisi Indonesia sangat strategis untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

“Dengan jumlah penduduk yang lebih dari 270 juta orang dan ditopang perekonomian yang terus bertumbuh, Indonesia adalah pasar yang strategis untuk kendaraan listrik,” ucap pria yang karib disapa Soerjo itu sebagaimana diberitakan Kompas.id, Sabtu (17/2/2024).

Tak hanya menilai Indonesia sebagai pasar yang potensial, Hyundai juga mendorong Indonesia menjadi salah satu basis produksi mobil di kawasan Asia Tenggara. Pada 2021, Hyundai merampungkan pembangunan pabriknya di Cikarang dengan kapasitas produksi sebanyak 150.000 unit per tahun.

IONIQ 5 merupakan salah satu model EV pertama besutan Hyundai yang dirakit di Indonesia. Sejak pertama kali hadir di Tanah Air pada Mei 2022, EV satu ini langsung mencuri perhatian pencinta otomotif berkat desainnya yang futuristik dan inovatif.

Berikutnya, IONIQ 6 yang hadir sebagai sedan listrik premium dengan desain elegan dan efisiensi energi yang luar biasa.

Khusus konsumen yang menginginkan SUV listrik dengan ukuran kompak tapi tetap bertenaga, Hyundai menghadirkan KONA Electric. Ada pula All-New Kona Electric dengan peningkatan signifikan pada desain, teknologi, dan performa.

Sementara, bagi penggemar kecepatan yang juga peduli dengan keberlanjutan, IONIQ 5 N hadir sebagai mobil listrik performa tinggi.. Produk ini membawa DNA motorsport ke dalam dunia kendaraan listrik.

Kendaraan listrik worry-free

Hyundai memastikan bahwa kepemilikan mobil listrik Hyundai juga menjadi keputusan worry-free berkat layanan purnajual yang andal dan ekosistem elektrifikasi yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

Layanan purnajual andal tersebut dihadirkan lewat program Hyundai Hadir Untukmu: Hyundai Jaga, Hyundai Jamin.

Khusus lini kendaraan listrik, Hyundai menawarkan berbagai manfaat bagi pelanggan yang melakukan pembelian IONIQ 5 dan IONIQ 6 pada 2024 melalui Hyundai Jamin.

Adapun manfaat tersebut salah satunya jamin ganti mobil baru, yaitu jaminan penggantian mobil baru dengan tipe, warna, dan spesifikasi yang sama jika mobil mengalami nilai kerusakan minimal 50 persen. Manfaat ini berlaku sampai dengan 1 tahun setelah mobil dikirim.

Selain itu, ada pula manfaat jamin pelunasan cicilan, yaitu jaminan pelunasan pembiayaan selama masa tenor bagi pemilik kendaraan apabila mengalami kecelakaan. Manfaat ini berlaku khusus bagi pelanggan Hyundai Finance.

Hyundai juga memberikan manfaat jamin biaya medis konsumen, yaitu jaminan biaya perawatan medis bagi pengendara dan penumpang apabila mengalami kecelakaan. Perlu diketahui, jaminan tersebut berlaku untuk maksimal lima orang dengan biaya hingga Rp100 juta per individu. Program ini berlaku hingga satu tahun setelah mobil diterima oleh pelanggan.

Selanjutnya, manfaat jamin penggantian biaya ban. Dengan manfaat ini, pengguna bisa mendapatkan penggantian biaya pembelian ban baru dengan tipe dan ukuran yang sama bagi pelanggan. Manfaat tersebut berlaku selama satu tahun setelah serah terima kendaraan dan diberikan bila ban yang rusak akibat kecelakaan sudah tidak dapat digunakan lagi.

Sebagai pionir kendaraan listrik dan solusi mobilitas masyarakat Indonesia sejak 2020, Hyundai membuktikan komitmen dalam membangun ekosistem EV dari hulu ke hilir. Hal ini diwujudkan melalui pembangunan pabrik battery cell dan battery pack, produksi EV perdana dalam negeri, serta perluasan lebih dari 200 charging station di seluruh penjuru Tanah Air.

Upaya-upaya tersebut dinilai penting dalam menyokong transformasi menuju transportasi kendaraan listrik, sekaligus membuka peluang baru bagi industri otomotif Indonesia dalam mengadopsi teknologi canggih dan berkelanjutan.

President Director HMID Woojune Cha mengatakan bahwa Hyundai memiliki visi “Progress For Humanity” untuk berinovasi menciptakan masa depan yang lebih baik.

Salah satunya, lewat pengembangan berkelanjutan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang dinilai memiliki potensi besar untuk menjadi pemain penting di Asia Tenggara.

Langkah tersebut dinilai selaras dengan salah satu misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai EV hub di Asia Tenggara.

“Sejalan dengan mimpi besar tersebut, Hyundai akan terus memimpin dan mengakselerasi elektrifikasi industri otomotif di Indonesia dengan mendorong penguatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia melalui investasi terarah dan kemitraan strategis yang merangkul pemangku kepentingan secara luas, baik itu pemerintah maupun pelaku industri terkait,” ujar Woojune Cha.

© 2024 | All Rights Reserved
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau