IONIQ 5 Batik, Perpaduan Tradisi dan Inovasi dalam Mobil Listrik Hyundai

EV Leadership | Kompas.com - 21/08/2024, 20:33 WIB

IONIQ 5 Batik, Perpaduan Tradisi dan Inovasi dalam Mobil Listrik Hyundai

KOMPAS.com – Di tengah era globalisasi saat ini, menjaga dan melestarikan warisan budaya menjadi semakin penting. Sebab, globalisasi yang membawa arus modernisasi dan perubahan gaya hidup sering kali mengancam keberlanjutan tradisi dan nilai-nilai budaya lokal.

Hal tersebut pun disadari oleh produsen otomotif asal Korea Selatan (Korsel), Hyundai Motors Indonesia (HMID). Hyundai pun melakukan upaya inovatif yang menggabungkan tradisi dengan teknologi masa depan, yakni dengan menghadirkan IONIQ 5 Batik.

IONIQ 5 Batik merupakan mobil listrik yang memadukan estetika corak dan motif batik dengan desain modern dari Hyundai.

Diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 pada Februari 2024, IONIQ 5 Batik hadir dengan jumlah terbatas.

“IONIQ 5 Batik hanya ada 60 unit dan memang collectible item, limited edition, terbatas (unitnya),” ucap Chief Marketing Officer HMID Budi Nur Mukmin, seperti diberitakan Kompas.com, Minggu (25/2/2024).

Sementara itu, Chief Operating Officer HMID Fransiscus Soerjopranoto menjelaskan, IONIQ 5 Batik dihadirkan sebagai edisi terbatas karena menjadi penanda kiprah perjalanan IONIQ 5 di dunia otomotif yang telah dua tahun mengaspal sejak 2022.

“Hyundai IONIQ 5 telah menjadi salah satu tonggak kesuksesan Hyundai di industri kendaraan listrik Indonesia. Ini juga mobil listrik pertama yang diproduksi secara lokal di Indonesia,” ucapnya seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (16/2/2024).

Selain itu, lewat mobil bercorak batik tersebut, Hyundai ingin memberikan semacam memorabilia khusus bagi konsumennya.

Spesifikasi IONIQ 5

IONIQ 5 dirancang oleh Hyundai dengan teknologi terdepan. Dibangun di atas platform Electric Global Modular Platform (E-GMP), IONIQ 5 menawarkan performa tinggi, efisiensi energi, dan kenyamanan berkendara.

Mobil listrik itu dilengkapi dengan pengisian daya menggunakan ultra-fast charging 240 kW yang kompatibel dengan berbagai infrastruktur pengisian daya. Dengan begitu, baterai mobil ini dapat diisi hingga 80 persen dalam waktu sekitar 18 menit.

Dengan spesifikasi itu, IONIQ 5 tidak hanya menjadi simbol mobilitas masa depan, tetapi juga menjadi contoh bagaimana teknologi bisa sejalan dengan keberlanjutan lingkungan.

Antara keindahan batik dan desain modern IONIQ 5

Dari segi desain eksterior, sebenarnya tidak ada ubahan antara IONIQ 5 Batik dengan varian standarnya. IONIQ 5 Batik masih mempertahankan desain futuristik dengan lampu utama berbentuk U.

Jika dilihat lebih detail, terdapat corak khas batik yang menghiasi bodi mobil listrik tersebut. Diberitakan Kompas.com, Jumat (23/2/2024), IONIQ 5 Batik dihiasi pola batik Kawung yang menggabungkan bentuk geometris bundar mirip buah kawung dengan piksel parametrik khas Hyundai.

Pola batik Kawung khas Yogyakarta berwarna abu-abu itu dapat ditemukan pada bagian roof, hood, sisi kanan-kiri mobil, dan pintu belakang. Sementara itu, bagian pelek dihiasi dengan aksen warna keemasan.

Masuk ke bagian interior, bagian kabin juga dihiasi pola batik Kawung berwarna abu-abu muda dengan ornamen putih dan emas di jok, klakson, sandaran lengan, serta headrest.

Nuansa batik pada interior IONIQ 5 Batik makin kental karena Hyundai menghadirkan desain batik Kawung berwarna cokelat muda atau soga dengan dua pilihan pola pada bagian sandaran lengan mobil.

Warna soga tersebut merupakan simbol alam, kesederhanaan, dan kemanusiaan. Hal ini selaras dengan desain IONIQ 5 yang menggunakan material daur ulang dan ramah lingkungan untuk berbagai komponennya.

© 2024 | All Rights Reserved
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau