Jadi Pionir Elektrifikasi di Indonesia, Intip Keunggulan IONIQ 5

EV Leadership | Kompas.com - 20/08/2024, 17:45 WIB

Jadi Pionir Elektrifikasi di Indonesia, Intip Keunggulan IONIQ 5

KOMPAS.com – Era mobil listrik telah hadir di Indonesia. Hyundai Motor Indonesia (HMID) memimpin revolusi ini dengan menghadirkan IONIQ dan KONA Electric sejak 2020. Di antara pionir elektrifikasi tersebut, IONIQ 5 merupakan salah satu yang patut disorot. 

Kehadiran IONIQ 5 pun bukan sekadar angin lalu di industri otomotif Indonesia. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diberitakan Kompas.com, Rabu (17/1/2024), mobil ini mencatatkan penjualan mengesankan sebanyak 7.482 unit sepanjang 2023. 

Angka itu melampaui capaian tahun sebelumnya yang berjumlah 1.829 unit.

Peningkatan penjualan yang signifikan tersebut menunjukkan antusiasme masyarakat yang terus bertumbuh terhadap IONIQ 5 sebagai salah satu kendaraan ramah lingkungan.

Tak sekadar populer di kalangan konsumen, IONIQ 5 juga telah membuktikan diri sebagai kendaraan andal dalam berbagai acara bergengsi. Mobil listrik ini dipercaya menjadi kendaraan resmi dalam ajang sekelas KTT ASEAN 2023 dan World Water Forum 2024.

Hyundai IONIQ 5 produksi Indonesia bahkan berhasil mencetak sejarah dengan menjelajahi lima negara ASEAN dalam satu perjalanan melintasi Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, dan Vietnam. Total jarak tempuh penjelajahan ini mencapai 5.627 km.

Prestasi yang masuk ke dalam Museum Rekor Indonesia (Muri) itu menjadi bukti bahwa kendaraan listrik tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memiliki performa dan daya tahan yang mumpuni untuk perjalanan jarak jauh. Capaian tersebut pun semakin memperkuat posisi IONIQ 5 sebagai pionir mobil elektrik di Indonesia.

Dalam merealisasikan tujuan tersebut, Hyundai terus mengembangkan infrastruktur pengisian daya. Melalui kerja sama dengan sejumlah mitra, perusahaan akan membangun 400 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) baru. Langkah ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi pemilik mobil listrik Hyundai dan mendorong penggunaan kendaraan listrik yang lebih luas di Indonesia.

Chief Operating Officer (COO) HMID Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, langkah strategis itu sekaligus menekankan posisi Hyundai sebagai game changer di industri otomotif yang secara konsisten berinovasi dalam mempercepat elektrifikasi di Indonesia.

"Jadi, selain bebas ganjil genap, kendaraan akan lebih mudah untuk melakukan pengisian daya selama penggunaan harian," kata Fransiscus dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Rabu (24/7/2024).

Desain futuristik menawan

IONIQ 5 hadir dengan desain futuristik menawan. Mobil ini mengusung konsep The Beauty of Parametric Pixel Style yang memadukan nuansa analog dan piksel digital.

Bagian depan mobil menampilkan kap mesin dengan desain Clamshell Hood yang mulus, serta dilengkapi Garnish Hidden Lighting dan Active Air Intakes. Lampu depan dengan desain Parametric Pixel menambah kesan futuristik IONIQ 5.

Sisi samping mobil mengadopsi desain Parametric Dynamic yang menyatukan bagian depan dan belakang. Fitur seperti Hidden Charging Port Door dan Flush Door Handles menambah kesan aerodinamis.

Khusus untuk varian Signature Long Range, IONIQ 5 dipercantik dengan pelek berbahan alloy 20 inci berdesain fraktal yang menawan. Bagian belakang mobil tak kalah memukau dengan Aerodynamic Spoiler, LED High Mount Stop Lamp, dan lampu belakang berdesain Parametric Pixel.

Kabin luas dengan bahan ramah lingkungan

Melangkah ke dalam IONIQ 5, Anda akan disambut oleh kabin luas bak ruang keluarga. Sentuhan warna Black One-Tone menciptakan suasana elegan dan modern pada interior. Adanya panel kaca besar Vision Roof di langit-langit menambah kesan lapang pada kabin.

Hal paling menarik, material dalam kabin dibuat dari bahan ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Mulai dari penutup klakson, switch, setir, hingga trim pintu, semuanya terbuat dari campuran biji bunga dan jagung. Bahkan, jok kulit menggunakan minyak alami biji rami yang diproses secara ramah lingkungan.

Material lain, seperti headlining dan karpet mobil, menggunakan serat dan benang ramah lingkungan dari tanaman tebu. Komitmen Hyundai terhadap keberlanjutan juga terlihat dari penggunaan benang hasil daur ulang botol plastik untuk material jok dan trim pintu.

Performa mumpuni dan teknologi canggih

IONIQ 5 hadir dalam empat varian untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen, yaitu Prime Standard Range, Prime Long Range, Signature Standard Range, dan Signature Long Range. Setiap varian menawarkan keunggulan tersendiri, tetapi tetap mempertahankan DNA inovatif IONIQ 5.

Varian Standard Range dibekali baterai 58 kW yang menghasilkan daya maksimum 170 PS dan torsi maksimum 350 Nm. Sementara itu, varian Long Range mendapat baterai lebih besar, 72,6 kW, dengan daya maksimum mencapai 217 PS dan torsi maksimum tetap 350 Nm.

Salah satu keunggulan IONIQ 5 adalah kemampuan pengisian daya yang revolusioner. Dengan teknologi pengecasan ultracepat, mobil ini mampu mengisi daya dari 10 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 18 menit menggunakan arus direct current (DC) 350 kW.

Untuk diketahui, IONIQ 5 dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (e-GMP), platform buatan Hyundai khusus mobil-mobil listrik besutannya. Berkat platform ini, mobil listrik Hyundai bisa melakukan pengisian daya lebih cepat, memiliki jarak tempuh lebih jauh, ruang dalam lebih luas, dan pengendalian lebih baik.

Selain itu, pengaplikasian e-GMP juga memungkinkan baterai ditempatkan dalam jarak roda sehingga pendistribusian berat menjadi ideal serta titik pusat gravitasi menjadi rendah. Dengan demikian, kendaraan bisa dikendalikan secara prima.

Fitur Vehicle-to-Load (V2L) yang tersemat turut menjadikan IONIQ 5 lebih dari sekadar alat transportasi. Mobil ini bisa berfungsi sebagai sumber listrik portabel yang sangat berguna saat berkemah atau dalam situasi darurat.

Salah satu kekhawatiran utama pengguna mobil listrik adalah jarak tempuh. IONIQ 5 menjawab masalah tersebut dengan kemampuan jelajah yang mumpuni.

Varian Long Range mampu menempuh jarak hingga 481 km (tipe Prime) dan 451 km (tipe Signature) dalam sekali pengisian daya penuh. Sementara varian Standard Range masih bisa menempuh jarak mencapai 384 km, baik untuk tipe Prime maupun Signature.

Keamanan dan kenyamanan terdepan

IONIQ 5 dilengkapi sistem Hyundai SmartSense hadir sebagai perisai keamanan canggih yang siap menemani setiap perjalanan Anda. Dilengkapi dengan sederet fitur inovatif, sistem ini dirancang untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengemudi ataupun penumpang.

Salah satunya, Smart Cruise Control with Stop & Go Function (SCC w/ S&G) yang secara otomatis mengatur kecepatan dan jarak kendaraan, bahkan hingga berhenti total saat menghadapi lalu lintas padat. Dengan begitu, pengemudi dapat berkendara dengan lebih santai.

Tak hanya itu, fitur Forward Collision Avoidance Assist (FCA) senantiasa siaga untuk mencegah potensi tabrakan dengan kendaraan atau pejalan kaki di depan. Sistem ini mampu memberikan peringatan dini dan bahkan melakukan pengereman darurat jika diperlukan.

Fitur Lane Following Assist (LFA) pun hadir untuk membantu pengemudi menjaga kendaraan tetap berada di jalur yang benar, sementara Safe Exit Assist (SEA) akan mencegah pintu belakang terbuka secara tidak sengaja saat ada kendaraan lain yang mendekat.

Untuk memberikan visibilitas yang lebih baik saat parkir atau bermanuver, Hyundai SmartSense juga dilengkapi dengan Surround View Monitor (SVM) yang menyajikan tampilan 360 derajat di sekitar kendaraan.

Selain itu, fitur Blind Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) akan memberikan peringatan dini jika ada kendaraan yang berada di titik buta atau saat pengemudi ingin memundurkan kendaraan.

IONIQ 5 tidak hanya aman, tetapi juga nyaman berkat sederet fitur canggihnya. Mobil ini dilengkapi dengan Premium Relaxation Seats yang dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan maksimal. Apalagi, ditambah dengan kehadiran layar sentuh 12,3 inci TFT LCD Cluster dengan sistem audio visual terintegrasi.

Pengalaman berkendara IONIQ 5 semakin mewah dan modern berkat layar sentuh 12,3 inci TFT LCD yang terintegrasi dengan sistem audio visual.

Pengisian daya perangkat pintar pun semakin praktis dengan fitur wireless charging. Sistem pendingin udara otomatis dua zona, Dual Zone Auto Climate Control, memastikan suhu kabin tetap ideal bagi seluruh penumpang.

Tak ketinggalan, sistem audio premium BOSE melengkapi pengalaman berkendara dengan kualitas suara yang jernih dan kaya.

Konektivitas terdepan dengan Hyundai Bluelink

Hyundai IONIQ 5 menghadirkan pengalaman berkendara secara digital berkat integrasi sistem konektivitas pintar Bluelink.

Fitur-fitur canggih Bluelink memungkinkan pengendara untuk mengendalikan berbagai fungsi mobil secara jarak jauh melalui smartphone, mulai dari personalisasi pengaturan kendaraan, kontrol iklim, hingga pengelolaan pengisian daya.

Selain itu, Bluelink juga menyediakan informasi terkini mengenai jangkauan kendaraan, lokasi pengisian terdekat, dan navigasi yang terintegrasi sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman dan efisien.

Sebagai pionir elektrifikasi di Indonesia, IONIQ 5 telah membuktikan diri sebagai pilihan ideal. Mobil ini menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan kendaraan ramah lingkungan tanpa mengorbankan performa, kenyamanan, dan gaya.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, tidak mengherankan jika IONIQ 5 terus mencuri perhatian dan hati pencinta otomotif Indonesia. Kehadirannya membawa mereka satu langkah lebih dekat menuju masa depan mobilitas yang lebih hijau dan berkelanjutan.

© 2024 | All Rights Reserved
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau