Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Pemenang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika

MANDALIKA, KOMPAS.com - Jorge Martin berhasil menjadi juara di MotoGP Indonesia 2024, di Sirkuit Mandalika, NTB. MotoGP Mandalika musim ini merupakan helatan ketiga yang digelar di Indonesia.

Kemenangan Martin di MotoGP Indonesia 2024 tanpa cela. Start dari posisi pertama dan memimpin balapan dari awal sampai menyentuh garis finis.

MotoGP Indonesia pertama kali digelar pada tahun 2022 dan langsung menyita perhatian dunia. Para pebalap top dunia beradu keahlian di sirkuit yang saat itu baru saja rampung dibangun.

Pemenang pertama MotoGP Indonesia pada gelaran perdana di tahun 2022 adalah Miguel Oliveira dari tim Red Bull KTM.

Pebalap asal Portugal ini berhasil menunjukkan performa luar biasa dan mengungguli pebalap lain saat kondisi trek basah selepas hujan. Saat itu trofi kemenangannya diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Pada musim 2023, MotoGP mulai menerapkan balapan pendahuluan di hari Sabtu atau biasa disebut Sprint Race. Sehingga ada dua balapan pada akhir pekan yaitu pada hari Sabtu dan Minggu.

Balapan Sprint Race dibuat oleh Dorna Sport sebagai promotor MotoGP untuk menarik penonton di hari Sabtu sebagai bagian dari rangkaian acara dengan balapan utama tetap di akhir pekan.

Sayang performa Oliveira justru menukik di musim berikutnya. Pada musim 2023, Oliveira memutuskan untuk pindah ke tim RNF Aprilia, tim satelit pimpinan Razlan Razali yang sebelumnya bersama Yamaha.

Pada MotoGP Indonesia 2023. Oliveira yang tadinya diharapkan dapat mengulang sukses yang sama justru terperosok ke bawah dan hanya finis posisi ke-12.

Adapun di MotoGP Indonesia 2024, Oliveira terpaksa harus absen balapan usai mengalami kecelakaan high side di Tikungan 1 saat sesi Free Practice 1 pada Jumat (27/9/2024).

Oliveira sempat dibawa ke Medical Centre untuk pemeriksaan awal, sebelum kemudian dipindahkan ke RSUD Kota Mataram untuk pemindaian CT.

Sebaliknya, pada MotoGP Indonesia 2023, Francesco Bagnaia dari tim pabrikan Ducati Lenovo berhasil jadi "juara penuh" dengan memenangkan sesi Sprint Race dan balapan utama pada hari Minggu.

Bagnaia berhasil membuktikan bahwa motor yang bagus dan talenta yang dia miliki merupakan kombinasi maut. Pada balapan utama di musim 2023, Bagnaia start dari posisi ke-13.

Meski start dari posisi sulit, Bagnaia cepat melesat ke barisan depan di belakang Jorge Martin dan Maverick Vinales. Pada pertengahan balapan Jorge Martin jatuh dan Bagnaia mengambil alih pimpinan usai menyalip Vinales.

Pun demikian pada MotoGP Indonesia 2024, pada balapan Sprint Race Bagnaia berhasil menjadi juara setelah start dari posisi empat dan mengambil alih pimpinan di lap kedua usai Jorge Martin "terpeleset."

Namun saat balapan utama hari Minggu, Martin membuktikan talentanya. Kecepannyanya konstan dari awal sampai akhir. Martin mencatatkan namanya jadi pebalap ketiga yang menang di Sirkuit Mandalika.

Daftar Pemenang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika:

Mandalika 2022

  • Miguel Oliveira, Red Bull KTM.

Mandalika 2023

  • Sprint Race: Francesco Bagnaia, Ducati Lenovo
  • Main Race: Francesco Bagnaia, Ducati Lenovo

Mandalika 2024

  • Sprint Race: Francesco Bagnaia, Ducati Lenovo
  • Main Race: Jorge Martin, Prima Pramac Racing

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/29/145851715/daftar-pemenang-motogp-indonesia-di-sirkuit-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke