Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Akibatnya jika Mobil Diesel Keliru Isi Bensin?

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil yang berjenis internal combustion engine (ICE) umumnya dibagi menjadi dua jenis, yakni berbahan bakar solar dan bensin. Walau sama-sama mengandalkan sistem pembakaran, keduanya memiliki sejumlah perbedaan.

Dari segi proses pembakar, mesin diesel yang menggunakan solar melakukan proses kompresi udara terlebih dahulu secara terpisah dan barulah bahan bakar disuntikkan ke dalam combustion chamber.

Lain halnya dengan mesin bensin yang proses pembakarannya berupa mencampurkan udara dengan bensin barulah dilakukan kompresi.

Karena adanya perbedaan yang cukup besar tersebut, bagaimana jadinya jika pengguna tidak sengaja menukar bahan bakar mobil, misalnya mobil mesin diesel diisi bensin?

Ekowati, Technical Leader Auto2000 Kalimalang, Jakarta Timur menjelaskan, perbedaan sistem pembakaran tersebut juga berarti ada perbedaan signifikan dari sektor mesin bagian dalam.

“Kalau sampai tertukar (mesin diesel diisi bensin), efeknya fatal sekali. Secara kecocokan bahan bakar dengan mesin, solar dan diesel itu berbeda sekali,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (3/5/2023).

Dia menjelaskan, bahan bakar solar mengandung komposisi pelumas untuk membantu pompa injeksi supaya proses pembakaran diesel bisa sempurna.

“Konstruksi mesin diesel itu jauh lebih intricate (rumit) dibandingkan mesin bensin. Kalau bicara soal kerusakan, mesin diesel yang terlanjur minum bensin bisa rusak parah jika penanganannya terlambat,” ujarnya.

Kerusakan yang paling sering terjadi adalah pada bagian pompa injeksi, injektor, dan tentunya filter solar. Ketiga komponen tersebut sangat mahal, khususnya pompa injeksi yang harganya bisa menyentuh Rp 30 juta.

“Kalau sampai mobil diesel keliru diisi bensin, penanganannya adalah matikan mesin dan segera panggil derek untuk membawa mobil ke bengkel. Harus diderek supaya mesin tidak menyala. Selanjutnya, barulah dilakukan pembersihan dan pemeriksaan,” ucap Eko.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/05/110200915/apa-akibatnya-jika-mobil-diesel-keliru-isi-bensin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke