Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uji Kesenyapan Kabin Wuling Alvez

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Wuling akhirnya memberikan kesempatan kepada media menjajal Wuling Alvez yang bermain di segmen SUV ringkas.

Kompas.com sebelumnya sudah membahas desain dan rasa berkendara Alvez. Pada tulisan kali ini Kompas.com mengetes kesenyapan kabin SUV ringkas 5-penumpang tersebut.

Cara mengukur tingkat kesenyapan di interior menggunakan alat berupa DB Meter dengan skala desibel (db). Meskipun tes dilakukan hanya sebentar dan dilakukan di area Gelora Bung Karno (GBK).

Pada pengetesan kali ini terdapat tiga parameter, pertama idle di mana mesin dalam kondisi menyala dan AC on di tingkat paling kecil.

Kemudian, pada parameter kedua mobil melaju di jalan aspal dengan kecepatan 40 Kpj karena berada di area GBK. Adapun parameter ketiga mobil melaju di jalan konblok dengan kecepatan maksimal 40 Kpj.

Metode pengetesannya, DB Meter diletakkan di posisi tengah-tengah, lalu pengemudi tidak melakukan kick down, serta pastikan area di sekitar mobil tidak terlalu ramai. Adapun di kabin terdapat tiga orang.

Hasilnya dalam kondisi idle, minimal suara di kabin tercatat 47,6 db dan maksimal 74,9 db. Kemudian di jalan aspal minimal 52,7 db dan maksimal 73 db. Sedangkan di jalan konblok minimal 51,7 db dan maksimal 71 db.

Berdasarkan data tersebut Kompas.com menilai kekedapan kabin Alvez cukup baik jika dilihat dari titik minimal. Sebab semakin kecil angka maka kabin semakin senyap.

Kompas.com belum mengetes kesenyapan kabin pesaing Alvez, namun sebagai pembanding Kompas.com sebelumnya pernah mengetes tingkat kesenyapan di mobil-mobil multi purpose vehicle (MPV).

Daihatsu Xenia, kondisi idle 44,5 db, kemudian jalan aspal 58,2 db dan jalan beton 59,7 db. Kemudian Mitsubishi Xpander kondisi idle 44,8 db, jalan aspal 57,7 db dan di jalan beton 58,6 db.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/04/100200115/uji-kesenyapan-kabin-wuling-alvez

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke