Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan VKTR Lebih Menyasar Pasar Wanita untuk Motor Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak perusahaan Group Bakrie, PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR) mulai melakukan studi untuk meluncurkan produk sepeda motor listrik berbasis baterai di dalam negeri dalam waktu dekat.

Menariknya dalam tahap awal, perusahaan ingin memfokuskan diri ke segmen wanita atau perempuan lebih dahulu. Hal tersebut dikatakan karena sejauh ini pabrikan roda dua lebih fokus ke pasar pria saja.

Padahal secara populasi, penduduk perempuan berjumlah 133,54 juta orang atau 49,4 persen dari keseluruhan penduduk di Indonesia yang sebanyak 270.203.919 jiwa (berdasarkan data BPS tahun 2020).

"Oleh karena itu produk kita dinamakan Model V, yang dikhususkan pasar perempuan. Makanya pada acara hari ini, bertajuk 'Arisan Motor Listrik'. Biasanya kan kalau acara otomotif lebih condong ke pria" jelas Marketing Communication & Promotion Manager dari Bakrie Group Budi Kurniawan, Jumat (3/3/2023).

Seiring dengan fokusan segmentasi tersebut, nantinya dikatakan Model V akan punya tiga varian warna yang mewakili tiga jenis karakteristik perempuan berbeda yaitu aktif (sporty), ceria, dan misterius.

Tidak sampai di sana, pengoperasian kendaraan pun nantinya bakal lebih mudah dari kendaraan konvensional. Namun memang dalam kesempatan itu Budi belum memberi informasi lebih rinci karena soal spesifikasi sedang dimatangkan.

"Bagasinya pun kita buat besar. Sebab berdasarkan studi kami, perempuan itu bawa barang banyak di bagasinya seperti jas hujan, alat makeup, dan sebagainya. Jadi itu harus mampu kita penuhi," ucap dia.

Budi menambahkan, kendaraan listrik pun saat ini sangat diminati dan cocok untuk digunakan oleh mereka khususnya di wilayah-wilayah non perkotaan.

Adapun market test ini dilaksanakan dalam 2 sesi. Sesi 1 dilakukan oleh pihak dealer dan leasing, sedangkan sesi 2 dilakukan oleh calon end user atau pengguna.

“Dari testimoni dan masukan dari end user yang seluruhnya merupakan kaum hawa, kita akan mendapatkan feedback yang baik secara langsung tentang bagaimana sepeda motor listrik yang aman dan nyaman dikendarai. Itu akan menjadi data yang signifikan bagi pengembangan kita ke depannya,” tambahnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/03/191200715/alasan-vktr-lebih-menyasar-pasar-wanita-untuk-motor-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke