Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penjelasan Suzuki Mengapa Grand Vitara Dibekali Mesin 1.500 cc

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Grand Vitara resmi diluncurkan pada ajang pameran otomotif nasional Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023).

Berbekal teknologi pintar, Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), Grand Vitara menjadi mobil dengan teknologi elektrifikasi di kelas Medium Sport Utility Vehicle (MSUV).

“Hari ini model yang kami perkenalkan sebagai Grand Vitara telah berevolusi. Tidak hanya sebagai kendaraan SUV, tetapi juga diperkuat dengan aspek yang canggih dan ekonomis dengan teknologi hybrid bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki,” ucap Matsushita Ryohei, 4W Managing Director Sales & Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), Kamis (16/2/2023).

Bicara soal jantung pacu, Grand Vitara dibekali dengan mesin 1.500 cc berkode K15C Dual Jet, yang mampu menghasilkan tenaga 103,06 Ps atau 101,65 Tk pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm pada 4.400 rpm.

Artinya, kapasitas mesin Grand Vitara mengalami penurunan dari generasi sebelumnya yang menyediakan pilihan mesin 2.400 cc dan 2.000 cc.

Lantas, mengapa Suzuki hanya membekali Grand Vitara anyar dengan kapasitas mesin 1.500 cc?

Menjawab hal ini, Donny Saputra 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, bahwa hal tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Indonesia.

“Kami lihat pergeseran kebutuhan target pengguna SUV saat ini yang lebih concern terhadap efisiensi bahan bakar dengan tenaga yang modern,” ucap Donny, di kawasan JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023).

Untuk diketahui, mesin 1.500 cc berkode K15C Dual Jet milik Suzuki memang dikenal ramah lingkungan serta efisien. Hal tersebut ditunjang dengan penggunaan teknologi SHVS yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sesuai kebutuhan sekaligus menekan emisi gas buang dengan lebih baik.

“Selain itu kita juga ingin mengajak konsumen peduli terhadap isu lingkungan, seperti orientasi Suzuki global yang juga lebih kepada pengurangan emisi karbon,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/17/082200415/penjelasan-suzuki-mengapa-grand-vitara-dibekali-mesin-1.500-cc

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke