Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Bila Mobil Hybrid Kehabisan Bensin di Jalan?

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil hybrid makin banyak dijumpai di pasaran. Pasalnya, mobil ini terbukti lebih irit bahan bakar jika dibandingkan dengan mobil konvensional dengan kapasitas mesin yang sama.

Wajar saja sebab mobil ini dibekali dengan sumber tenaga dobel, yaitu mesin bakar dan motor listrik. Mobil ini juga dilengkapi baterai yang cukup besar untuk menggerakkan motor listriknya.

Namun, mobil hybrid tidak bisa lepas dari konsumsi bahan bakar. Dengan kata lain, mobil ini tidak bisa jalan bila tanpa bahan bakar. Lantas, apa yang akan terjadi bila mobil hybrid kehabisan bensin di tengah perjalanan?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, mobil hybrid jangan sampai kehabisan bensin dan daya baterai karena nanti bisa bikin susah pengendara.

“Ketika bensin pada mobil hybrid mobil mulai menipis, akan ada indikator yang memberitahu bahwa bahan bakar sebentar lagi akan habis, maka dari itu sebaiknya saat itu juga langsung mencari SPBU terdekat untuk mengisi bensin,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (28/11/2022).

Dia mengatakan mobil hybrid bisa tetap berjalan sesaat meksi bahan bakar habis, tapi itu tidak lama mengingat kapasitas baterai mobil hybrid tidak cukup besar, berbeda dengan PHEV atau mobil listrik murni.

“Mobil tetap bisa berjalan bila bensin habis di jalan, tapi ini hanya sesaat saja, sarannya apabila bensin habis ya segera diisi jangan hanya memanfaatkan baterainya, soalnya kalau baterai habis, meski mesin sudah diisi bensin, mesin tetap tidak akan bisa dihidupkan,” ucap Didi.

Dia mengatakan untuk mobil hybrid memang dibekali dengan dua buah baterai. Satu baterai untuk auxiliary, untuk lampu, audio, alarm dan lainnya, bukan untuk memutar motor starter.

“Untuk memutar motor starter mobil hybrid akan mengandalkan baterai utama, sehingga kalau baterai ini sampai habis, mesin tidak bisa dihidupkan,” ucap Didi.

Bila hal itu terjadi pada Anda, maka dia menyarankan untuk menderek mobil yang bersangkutan ke bengkel resmi untuk mendapatkan pertolongan, terutama untuk mengisi daya baterai.

“Kalau sudah kejadian baterainya kosong, harus dicharge dengan menggunakan THS (Toyota Hybrid System) Charger, yang sementara ini hanya TAM yang punya,” ucap Didi.

Jadi, sebenarnya mobil hybrid akan tetap bisa dioperasikan walau tanpa BBM, namun karena durasinya sangat singkat maka disimpulkan mobil hybrid tidak bisa lepas dari bahan bakar minyak. Sehingga, sebisa mungkin Anda tidak kehabisan bensin saat mengendarai mobil hybrid.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/29/100200915/bagaimana-bila-mobil-hybrid-kehabisan-bensin-di-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke