Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Ditiru, Aksi Wheelie Toprak di Jalan Raya Berbahaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pebalap World Superbike (WorldSBK) sudah sampai di Mandalika, untuk menjalani seri ke-11. Beberapa pebalapnya tertangkap kamera sedang berjalan-jalan menggunakan skuter matik (skutik).

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @gpracingindonesia, disebutkan bahwa rombongan pebalap WorldSBK tersebut terdiri dari Toprak Razgatlioglu, Andrea Locatelli, Loris Baz, Andy Verdoia, dan Jules Cluzel.

Namun, yang menjadi sorotan adalah para pebalap tersebut tidak menggunakan helm saat berkendara di jalan raya. Selain itu, salah satu pebalap tersebut juga melakukan aksi wheelie.

Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 106 ayat 8, setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan penumpangnya wajib mengenakan helm sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

Berdasarkan Pasal 290, para pengendara yang tidak memakai helm akan dikenakan denda tilang sebesar Rp 250.000 atau kurungan paling lama satu bulan.

Meskipun kondisi jalan raya tersebut terlihat sepi, tapi tidak sepantasnya melakukan aksi akrobatik tersebut di jalan umum, karena membahayakan diri sendiri dan orang lain.

“Sesepi apapun jalan raya, itu tetap saja ruang publik. Idealnya untuk melakukan aksi seperti itu di ruang tertutup, entah di lapangan atau area parkir yang mudah dilakukan sterilisasi,” ujar Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/11/100200815/jangan-ditiru-aksi-wheelie-toprak-di-jalan-raya-berbahaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke