Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Jalan Tol Layang Terpanjang di Indonesia, Pakai 9.000 Tiang Pancang|Motor Listrik Yamaha E01 Punya Fitur Fast Charging, 1 Jam Penuh

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan tol merupakan infrastruktur yang sudah tidak asing lagi bagi pengendara kendaraan bermotor. Untuk mempermudah mobilitas masyarakat, kini pembangunan jalan bebas hambatan ini kian diperluas.

Bahkan, ada salah satu jalan tol layang terpanjang di Indonesia. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia melalui Twitter resminya menyebutkan, jika jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II adalah tol terpanjang di Tanah Air. 

“Jalan Tol Layang terpanjang di Indonesia dengan 9.000 tiang pancang adalah Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II,” pada twitter @KemenPU.

Selain itu, 

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 19 Oktober 2022 :

1. Jalan Tol Layang Terpanjang di Indonesia, Pakai 9.000 Tiang Pancang

Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Tol Layang Japek dan kini bernama Jalan Layang Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ) memiliki panjang 36,84 km yang diresmikan pada 2019.

Artinya sudah hampir tiga tahun jalan tol layang tol terpanjang ini menjadi tulang punggung kelancaran arus lalu lintas kendaraan yang berasal dari Jabodetabek menuju ruas tol di Jawa Barat dan Trans Jawa.

Jalan tol layang terpanjang ini juga berguna untuk memisahkan antara pengendara yang akan menempuh jarak pendek dan jarak jauh. Kemacetan Jakarta-Cikampek juga dapat berkurang setidaknya 30 persen.

2. Motor Listrik Yamaha E01 Punya Fitur Fast Charging, 1 Jam Penuh

Sepeda motor listrik Yamaha E01 disebut akan segera memulai tes jalan di Indonesia sebelum 2023. Saat ini motor sudah lulus homologasi, adapun tes dilakukan untuk menguji keunggulan serta keinginan konsumen.

Asst General Manager Marketing – Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro mengatakan, salah satu fitur unggulan E01 ialah akan punya fitur fast charging atau pengisian baterai cepat.

3. Musim Hujan, Ular Masuk ke Honda Beat

Kejadian ular masuk ke bagian mesin sepeda motor kembali terjadi. Video viral menunjukkan ada ular di bagian dalam motor Honda Beat yang kemudian berusaha dikeluarkan oleh masyarakat.

Dalam video yang diunggah akun TikTok Refendi Aktor, terlihat ular tersebut cukup besar. Saat coba ditarik menggunakan tang, ular yang tidak diketahui jenisnya tersebut mencoba makin masuk ke bagian mesin.

4. Mitsubishi Siap Luncurkan Pesaing HR-V dan Creta, Pakai Basis Xpander?

Segmen sport utility vehicle (SUV) murah menjadi salah satu segmen yang banyak diminati konsumen. Belum lama ini, Mitsubishi dikabarkan sedang menyiapkan satu produk baru di segmen tersebut.

Dikutip dari Paultan.org, Senin (17/10/2022), Mitsubishi merilis bocoran konsep produk terbarunya yang akan diperlihatkan secara global di Vietnam pada 19 Oktober 2022.

Sayangnya, sedikit sekali detail yang bisa diketahui mengenai produk terbaru Mitsubishi ini. Pada gambar yang dirilis, hanya terlihat logo tiga berlian yang sepertinya terletak pada bagian grille mobil.

5. Belajar Bahasa Kode Bus AKAP Saat Mengemudi di Malam Hari

Bus AKAP atau bus malam punya kode tersediri saat sedang berjalan di malam hari. Kode yang biasa digunakan adalah permainan lampu sein yang memberi informasi mengenai kondisi lalu lintas kepada kendaraan di belakang.

Contoh, ketika bus berada di lajur kanan dan lampu sein kanan terus menyala, artinya lajur kiri ada kendaraan yang lebih lambat. Oleh karena itu, pengemudi yang membuntuti jangan ambil lajur kiri karena berbahaya.

Begitu juga ketika berada di lajur kanan namun bus langsung menyalakan sein kiri, artinya ada kendaraan dari arah berlawanan. Jadi jangan ikut membuntuti bus karena rawan tabrak adu kambing.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/19/060100315/-populer-otomotif-jalan-tol-layang-terpanjang-di-indonesia-pakai-9.000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke