Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Segini Berat Maksimal Barang Bawaan yang Bisa Masuk Bagasi Bus

JAKARTA, KOMPAS.com - Penumpang yang menaiki bus AKAP memang punya hak untuk menyimpan barang bawaannya di bagasi sebelum berangkat. Tapi, setiap operator bus punya aturan mengenai batas berat barang yang boleh diangkut.

Hal ini memang kerap ditemui pada pesawat, di mana bagasi maksimal setiap penumpang biasanya sekitar 20 Kg. Jika penumpang melebihi batas tersebut, maka akan dikenai biaya tambahan.

Lalu bagaimana untuk bus AKAP, seperti apa aturannya?

Anthony Steven Hambali, Pemilik PO Sumber Alam mengatakan, untuk penumpang yang menaiki bus miliknya, batas barang yang bisa disimpan di bagasi sekitar 20 Kg.

"Sekitar 20 Kg, kalau dimensinya ya sekitar dua dus air mineral atau mie instan," ucap Anthony kepada Kompas.com, Senin (10/10/2022).

Anthony menjelaskan, kalau tidak dibatasi, kasihan kru dari bus tersebut. Mengingat ada juga pedagang yang sekalian membawa dagangannya sekalian bus berjalan.

"Kalau banyak (melebihi), biasa kita charge bagasi seperti paket. Hanya Rp 2.000 per Kg biaya tambahannya," kata Anthony.

Sedangkan untuk bus lain seperti Sinar Jaya, punya batas berat yang berbeda. Berdasarkan keterangan salah satu Agen Sinar Jaya di Semarang, satu orang maksimal membawa barang dengan beban 10 Kg.

"Kalau lebih ikutnya paket, bayar lagi. Tergantung nanti beratnya berapa lebihnya, ditimbang dulu," ucap agen tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/10/140100415/segini-berat-maksimal-barang-bawaan-yang-bisa-masuk-bagasi-bus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke