Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Parkir Mobil Manual yang Benar, Jangan Lupa Netral

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbicara soal mobil manual, ada kebiasaan yang dilakukan ketika parkir, yaitu memasukkan gigi transmisi. Biasanya, kebiasaan ini dilakukan untuk mencegah mobil bergerak karena rem parkir kurang kuat.

Sebenarnya, ketika posisi transmisi masuk memang bisa mengunci roda. Tetapi, kebiasaan ini tidak disarankan karena bisa berujung kerusakan sampai pemiliknya rugi.

Menurut Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan, cara parkir mobil manual yang benar adalah posisi tuas transmisi di netral, bukan masuk ke salah satu gigi.

"Yang benar di netral dan rem parkir. Bahaya kalau posisi gigi masuk karena bisa saja lupa menetralkan saat menyalakan mobil sehingga bisa saja mobil lompat," ucap Marcell kepada Kompas.com, Jumat (9/9/2022).

Mobil yang lompat ini sebenarnya yang bisa bikin rugi pemiliknya. Jika area parkirnya sempit, tentu bagian depan mobil bisa rusak atau penyok karena menabrak objek yang ada di depannya.

Selain kerusakan pada eksterior, komponen mesin juga bisa kena dampaknya saat starter mesin mobil bukan di posisi gigi netral. Seperti yang diucapkan Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak.

“Kalau lupa menetralkan atau injak kopling saat mau menyalakan mesin, akan merusak gigi motor dan gigi flywheel. Saat starter mesin gigi transmisi dalam posisi masuk, gigi motor starter bisa rompal karena menahan beban berlebih,” ucap Suparna.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/09/160100215/cara-parkir-mobil-manual-yang-benar-jangan-lupa-netral

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke