Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Fungsi Sight Glass pada AC Mobil

KLATEN, KOMPAS.com - Sistem AC mobil terdiri dari banyak komponen yang saling berkaitan. Ada yang merupakan komponen utama, ada juga sebagai komponen pelengkap.

Seperti sight glass, tidak semua mobil menggunakan komponen ini. Biasanya ditemukan di mobil-mobil tua, melengkapi drier atau pada sambungan selang AC.

Bentuknya seperti mata cincin, bulat dan menyatu dengan saluran AC. Dari mata kaca yang berbentuk bulat tersebut dapat dilihat aliran freon yang sedang mengalir saat sistem AC bekerja.

Mekanik Senior Sinar AC Andi, mengatakan sight glass berfungsi sebagai alat pembaca aliran freon, dari sana dapat diketahui seperti apa kondisi tekanan freon tanpa harus menggunakan alat khusus.

“Jika alirannya mengandung buih kecil-kecil seperti busa, itu aliran freon normal tapi agak rendah, sedangkan bila alirannya tersendat-sendat itu menandakan ada pampatan di saluran AC,” ucap Andi kepada Kompas.com, Sabtu (6/8/2022).

Dia mengatakan ada perbedaan warna aliran freon ketika sistem AC bekerja dan tidak, begitu juga ketika aliran freon pada sistem AC tidak normal. Sehingga, sight glass dapat membantu dalam proses pengisian freon.

Sementara itu, Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan sight glass tidak lagi diperlukan pada mobil-mobil modern, karena sekarang dalam proses pengisian freon sudah menggunakan alat khusus.

“Mengisi freon zaman sekarang sudah menggunakan alat yang bisa menghitung masa freon, biasanya satuannya gram, antara 450 gram sampai 800 gram untuk mobil-mobil pribadi, menyesuaikan yang tertera pada kap mesin,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (5/8/2022).

Jadi, sight glass ini berfungsi cukup penting pada masanya, karena dapat membaca kondisi aliran freon di dalam sistem AC mobil.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/08/181200515/mengenal-fungsi-sight-glass-pada-ac-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke