Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanpa Kick Starter, Benarkah Aki Motor Baru Lebih Cepat Soak?

SEMARANG, KOMPAS.com - Kebanyakan Agen Pemegang Merk (APM) sepeda motor modern, saat ini sudah meninggalkan fitur kick starter.

Alasannya, pabrikan menganggap banyak pengguna motor yang tak membutuhkan peran kick starter. Bahkan ada juga dinilai sudah kuno. 

Sebagi pengganti, motor baru dibekali fitur indikator info voltase tegangan aki. Dengan harapan, saat aki mulai ngedrop, bisa segera terdeteksi pemilik. 

Namun demikian, pertanyaan para pemilik motor soal keawetan usia pakai aki masih jadi perdebatan. Pasalnya, aki yang tiba-tiba soak bisa membingungkan.

Menurut Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim, dari indikator voltase tegangan pada instrumen cluster bisa diketahui kondisi aki masih bagus atau mulai soak.

Sinyal, kerusakan aki akan terlihat dan mudah dipantau pemilik motor dari nyala lampu indikator yang berkedip. 

"Sebelum aki drop atau terjadinya masalah kelistrikan indikator akan nyala berkedip. Jadi tidak langsung gagal starter tapi ada warning peringatan," kata Nurhadi kepada Kompas.com, Senin (8/8/2022). 

Pertama kali motor distarter indikator ini sudah nyala, bedanya hanya durasi waktunya sebentar. Bila lebih lama dari biasanya, bisa diduga ada masalah sistem kelistrikan. 

Meski demikian, tanda-tanda aki tekor juga bisa dideteksi, seperti starter yang berat, bunyi klakson jadi lemah, atau lampu sein berkedip lambat. 

"Kalau aki sampai tekor membuat tidak bisa starter kan sebelumnya ada tanda-tandanya. Voltase aki berkurang saja motor susah di nyalakan," ucapnya. 

Hal serupa dikatakan Hari Santoso Kepala Bengkel Yamaha Mataram Sakti Setyabudi yang menjelaskan, agar tetap aman dan tidak mengalami masalah aki tekor, pemilik harus memperhatikan indikator informasi. 

"Indikator tegangan aki ini untuk memberikan data aktual terkait kondisi voltase aki dan kelistrikan," katanya. 

Meskipun sudah tidak menggunakan kick starter bukan berarti akan membuat aki cepat rusak. Menurut Hari, selama dilakukan perawatan secara baik maka usia aki juga bisa awet.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/08/163100015/tanpa-kick-starter-benarkah-aki-motor-baru-lebih-cepat-soak-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke