Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saat Ban Motor Kempis Jangan Dipaksa Jalan, Ini Akibatnya

Padahal, memaksakan motor terus melaju saat ban kempis akan berdampak buruk. Pada tipe ban dalam, ban yang dipakai saat kempis akan merusak pentil ban. Dampak yang paling buruk yaitu akan membuat pentil ban robek sehingga harus ganti ban baru.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, mengatakan penyebabnya karena pentil pada ban dalam dibuat menyatu, beda dengan pentil ban tubeless yang mengikat di pelek.

"Khusus yang masih pakai pentil tube tidak boleh tekanan angin kurang dipakai terus menerus karena bisa mengakibatkan valve di pentil copot atau malah robek dari ban dalamnya," kata Dodi, saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.


Dodi juga menjelaskan pentil ban bisa robek lantaran posisi pentilnya tidak tegak. Alhasil saat sering dipakai jalan, bagian bawah pentil yang menyambung ke ban dalam tidak sanggup menahan beban dan robek.

"Pada saat tekanan udara kurang artinya ban jadi menanggung beban lebih berat. Dalam kondisi tersebut posisi pentil ikut miring dan bisa membuat pentil lepas dari ban dalam," kata Dodi.

Oleh karena itu, Dodi menyarankan untuk tidak biarkan tekanan udara pada ban berkurang terus menerus. Selalu tambahkan tekanan udara pada ban sesuai ketentuan yang disarankan pabrikan.

"Jangan lupa untuk memakai tutup pentil, karena berfungsi menjaga ban tidak mudah bocor," kata Dodi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/07/141200215/saat-ban-motor-kempis-jangan-dipaksa-jalan-ini-akibatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke