Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Buat Pemula, Kenali Pilar Mobil Supaya Aman Mengemudikan Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara melalui jalan yang sempit menjadi salah satu tantangan tersendiri buat pengemudi mobil pemula. Kurang perhitungan dapat membuat bodi mobil tergores atau bersenggolan dengan kendaraan lain.

Penting bagi pengemudi untuk mengenali dengan baik dimensi kendaraan yang akan dikemudikan dan letak pilar-pilar pada mobil.

Memahami letak pilar A, B dan C pada mobil penting untuk menjadi patokan bagi pengemudi saat akan bermanuver seperti melakukan belokan.

"Potensi-potensi terserempet juga menjadi kecil. Ilmu ini bisa diasah oleh pengemudi dengan seringnya mencuci mobil secara mandiri," ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, pilar A merupakan pilar di bagian jok depan atau kaca depan. Pilar B terdapat di samping jok pengemudi dan penumpang depan, sedangkan pilar C adalah di bagian kaca belakang.

Agar visibilitas pengemudi bisa tetap baik selama berkendara, Sony mengatakan bahwa pandangan pengemudi harus luas keluar kendaraan sehingga blind spot pada kendaraan semakin kecil.

"Sering kali di saat-saat itu pengemudi gagal dalam melihat secara luas akhirnya mengubah posisi duduk. Hal ini tidak diperkenankan karena merubah posisi duduk menjadikan kemampuan pengemudi dalam mengantisipasi menjadi berkurang," ucap Sony.

Kemudian, Sony juga mengimbau pengemudi untuk memperhatikan kecepatan kendaraan. Melintaslah dalam kecepatan yang rendah, kemudian lakukan semua dengan hati-hati,

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/07/115846515/buat-pemula-kenali-pilar-mobil-supaya-aman-mengemudikan-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke