Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Korelasi Spion Motor dengan Keselamatan Berkendara

SEMARANG, KOMPAS.com - Spion pada sepeda motor memiliki fungsi yang cukup krusial bagi pengendara. Karena itu, dimensinya pun dioptimalkan agar bisa maksimal menjangkau titik buta.

Tapi sayagnya tak sedikit pemilik motor yang justru mengganti spion bawaan pabrik dengan keluaran aftermarket. Parahnya lagi, dimensi yang dibeli atau dipasang jauh lebih kecil.

Hal tersebut dilakukan hanya untuk mengejar estetika visual motornya saja, tampa memikirkan faktor keamanan dan keselamatan berkendara. 

Kepala Mekanik Astra Honda Zirang Motor Nurhadi Muslim menjelaskan, poin penilaian utama sebelum mengganti ukuran kaca spion lebar dan tinggi diameternya harus sesuai spesifikasi jenis motor. 

"Lebih ke fungsinya, kalau diganti dengan diameter ukuran lebih kecil tidak masalah.  Syaratnya visibilitas melihat ke belakang tetap aman," ucap dia kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Rata-rata spesifikasi spion memiliki tinggi 75 - 80 mm dan lebar 130 - 140 mm, sedangkan tinggi tangkai dari grip berkisar 10 - 13 cm.

Jusri Pulubuhu Founder dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menyebut, pabrikan produsen motor mendesain diameter ukuran spion agar bisa melihat obyek di belakang dengan jelas. 

"Pandangan pengendara radius beberapa meter dari obyek kendaraan lainnya. Secara periodik penyetelan spion bisa dilakukan secara periodik setiap durasi 5-8 menit," ujar Jusri.

Dia menambahkan, setelan spion juga tak boleh asal. Bagian bahu spion kanan dan kiri disesuaikan sedikit saja dengan fokus titik rawan blindspot. 

"Patokan utamanya area sisi samping kanan dan kiri bisa jelas melihat bagian atas dan bawah. Jika setelan pas cukup melirik sedikit saja jangkauan mata bisa melihat obyek di area sisi samping, dan belakang kendaraan," tutup Jusri. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/07/103100615/korelasi-spion-motor-dengan-keselamatan-berkendara-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke