Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wajib Tahu, Ini Bahaya Memotret Pakai Flash di SPBU

Flash atau lampu kilat dari kamera menjadi potensi bahaya yang mana dilarang digunakan saat di SPBU.

Maka dari itu, pada setiap SPBU terdapat stiker dengan simbol kamera yang dicoret. Hal ini dikarenakan flash terindikasi mengakibatkan kebakaran pada SPBU.

“Dan di area sekitar dispenser ada uap api yang dapat mengakibatkan kebakaran. Kebakaran akan terjadi apabila uap api tersebut mendapat pemantik atau mendapat penghantar panas dari flash kamera, sinyal telepon dan tentu saja bara api,” kata Laode Syarifuddin Mursali, Unit Manager Comm, Rel & CSR MOR VII dikutip dari Motorplus, Senin (6/6/2022).


Pada ponsel pintar yang dilengkapi kamera pasti akan disematkan fitur lampu kilat. Sementara itu, kendati telah ada larangan menggunakan kamera, wacana transaksi pembayaran pembelian BBM di SPBU menggunakan aplikasi gencar dipromosikan oleh Pertamina.


Nantinya, transaksi dilakukan menggunakan aplikasi MyPertamina di SPBU Pertamina. Hal ini tentunya akan membuat pemilik kendaraan harus menggunakan kamera ponsel untuk meminta QR code pembayaran.

Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga sekaligus SH C&T PT Pertamina (Persero) Irto Ginting mengatakan kamera ponsel bisa dipakai pada jarak aman 1 meter dan harus dipastikan tidak boleh mengaktifkan blitz atau flash kamera.

“Jadi masing-masing dari kita bisa dipastikan tetap aman, jangan takut transaksi pakai ponsel di area SPBU. Asal kita patuhi batasan-batasannya,” kata Irto belum lama ini kepada Kompas.com.

Kemudian, agar tetap aman, operator SPBU sudah dilatih mengenai cara aman transaksi menggunakan MyPertamina di area SPBU.

Sejauh ini, wacana penggunaan aplikasi MyPertamina untuk pembelian BBM belum diimplementasikan dengan resmi. Alhasil baru beberapa SPBU yang telah mengadaptasi sistem ini.

“Hal ini belum ditentukan. Saat ini masih dalam proses finalisasi untuk revisi Perpres 191 khususnya terkait kriteria penerimaan BBM Subsidi,” kata Irto.

Irto juga menyarankan bahwa penggunaan aplikasi MyPertamina bisa digunakan asalkan dipakai pada jarak tertentu dari nozzle.

Ponsel bisa digunakan di jarak aman sekitar 1 meter dari dispenser atau pompa bensin, dan ketinggian 1,5 meter dari lantai.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/06/191200815/wajib-tahu-ini-bahaya-memotret-pakai-flash-di-spbu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke