Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus Single Glass Adiputro Pakai Tiga Wiper di Kaca Depan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren bus single glass saat ini memang mulai kembali di tengah gempuran bus double glass. Bus single glass sendiri punya beberapa kelebihan, salah satunya pandangan ke depan yang luas dari kabin.

Selain itu, bus single glass modern tetap memberi kesan elegan dan klasik. Namun ada sedikit perbedaan pada bus-bus single glass terbaru, salah satunya yang keluar dari Karoseri Adiputro di Malang, Jawa Timur.

Untuk rilisan bus single glass dari Adiputro, kebanyakan menggunakan tiga wiper di bagian kaca depan.

Dua di bawah, dan satu lagi di atas, sedangkan untuk bus-bus single glass yang lama, hanya mengandalkan dua wiper yang ada di bawah.

Lalu kenapa pada rilisan baru dari bus single glass Adiputro memakai tiga wiper di bagian depan?

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, wiper ketiga yang ada di bus single glass merupakan opsi, sedangkan standarnya hanya dua saja.

"Bus single glass yang pakai tiga wiper itu permintaan dari pemesan. Standar di Adiputro cuma yang di bawah," ucap Yohan kepada Kompas.com, Senin (6/6/2022).

Yohan menjelaskan, permintaan tiga wiper ini biasanya karena selera si pemilik bus. Selain itu, tambahan wiper yang ada di bagian atas cukup membantu membersihkan air yang tidak tersapu oleh wiper bawah.

"Katanya biar penumpangnya kelihatan ke depan kalau hujan. Kalau yang bawah saja enggak menyapu sampai atas, karena kacanya lebar dan tinggi," ucap Yohan.

Sebenarnya, dimensi dari wiper yang di bawah cukup panjang, yakni 80 cm. Namun dengan model kaca single glass yang tinggi, wiper tadi tidak bisa menyapu sampai ke bagian atas kaca.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/06/182100315/bus-single-glass-adiputro-pakai-tiga-wiper-di-kaca-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke