Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Bisa Lebih Murah, tapi Ini Kerugian Beli Mobil Bekas Banjir

JAKARTA, KOMPAS.com - Berhati-hati dalam membeli mobil bekas memang diperlukan guna menghindari kerugian. Terutama unit yang bekas banjir karena kondisinya tidak akan optimal seperti pada umumnya.

Nissan Technical Support Bintaro Fandi Ahmad menjelaskan kepada Kompas.com, Minggu (5/6/2022), kerugian ketika seseorang membeli mobil bekas banjir sebenarnya tidak banyak selama mobil tersebut sudah diperbaiki seperti sedia kala oleh pemilik sebelumnya.

“Kendaraan yang sudah pernah tergenang banjir biasanya memerlukan banyak perbaikan mulai dari mesin, kelistrikan, bahkan suspensinya sampai unit tersebut layak dipergunakan kembali,” ujar Fandi.

Untuk bisa memperbaiki kendaraan bekas banjir sampai pada tahapan layak, kata dia kadang seseorang perlu mengganti jok mewah yang terbuat dari kulit, mengganti karpet, overhoul, ganti plafon, sampai ganti komponen kelistrikan dan masih banyak lagi.

Nah, standar kelayakan inilah yang biasanya beda antara satu orang dengan lainnya. Terlebih lagi biaya perbaikan mobil pernah terendam banjir tidak murah, bahkan bisa sampai harus mengeluarkan biaya sebesar banderol unit baru.

“Mobil yang pernah terendam banjir bisa kembali normal secara fungsi, dan tampilannya namun memerlukan biaya yang tidak sedikit, tergantung dari kerusakan yang dialami unit tersebut, bahkan ada yang memerlukan biaya sebesar harga unit baru,” ucap Fandi.

Atas dasar itu lah, biasanya orang berniat menjual mobil yang pernah terendam banjir dengan berusaha memperbaikinya dengan modal seminimal mungkin. Caranya seperti apa?

Misal dengan cara menutup-nutupi kekurangan yang ada pada mobil bekas banjir tersebut. Contoh, yang sebenarnya perlu diganti justru diperbiaki, dibersihkan secukupnya, indikator menandakan ada masalah pada mobil dimatikan dan berbagai kecurangan lainnya. Alhasil, kondisi mobil bekas banjir tersebut memprihatinkan.

Jika dikalkulasikan, orang lebih senang menjual mobil bekas banjir dengan harga miring daripada harus mengganti komponen-komponen mahal yang wajib diganti.

Jadi, secara garis besar kerugian membeli mobil bekas banjir itu harus mau menerima kenyataan bahwa kesempurnaan dan kembalinya performa mobil seperti sedia kala itu harganya mahal. Maka dari itu dalam memilih mobil bekas diperlukan ketelitian.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/06/064200215/harga-bisa-lebih-murah-tapi-ini-kerugian-beli-mobil-bekas-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke