Salin Artikel

Selisih Rp 100 Juta, Apa Perbedaan Honda HR-V Turbo RS dan SE?

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan All New HR-V di Indonesia secara virtual, pada Rabu (23/3/2022).

Line up terbaru dari Honda ini juga turut dipamerkan pada pameran Indonesia International Auto Show (IIMS) 2022, yang berlangsung di JIEXpo Kemayoran, sejak 31 Maret hingga 10 April 2022.

Ada tiga tipe Honda HR-V yang dipamerkan pada pameran tersebut, mulai dari HR-V E CVT, HR-V SE CVT dan HR-V Turbo RS.

Sebagai informasi, All New Honda HR-V Turbo RS merupakan varian paling tinggi, kemudian diikuti oleh tipe SE.

Perbedaan harga antara kedua tipe ini cukup besar, untuk varian Turbo RS dibanderol Rp 503,9 juta, dan varian bawahnya yakni tipe SE harganya Rp 403,1 juta. Artinya, ada perbedaan hingga Rp 100 juta.

Terkait hal ini, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, mencoba memberikan jawabannya.

“Kita selalu membuat harga mobil memperhatikan production cost dan perpajakan. Selain itu, teknologinya antara HR-V Turbo RS dan tipe SE berbeda, sehingga ada perbedaan harga hingga Rp 100 juta,” ucap Billy di IIMS 2022, Jumat (1/4/2022).

Jika mengacu pada spesifikasinya, perbedaan paling ketara terlihat pada dapur pacu.

RS Turbo mengusung mesin 1.500 cc VTEC Turbo, yang menghasilkan tenaga 176 Tk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm. Sedangkan varian di bawahnya mengusung mesin 1.5L DOHC i-VTEC dengan tenaga 120 Tk dan torsi 145 Nm.

Pembeda lainnya adalah pada bagian eksterior, hadirnya satu set body kit RS di sekeliling tipe Turbo RS. Penambahan aksesori ini juga bikin panjang bodinya sedikit lebih melar 8,5 cm dibandingkan varian di bawahnya.

Selain itu, varian Turbo RS juga dilengkapi dengan ujung knalpot dual chrome exhaust finisher, sedangkan tipe lainnya hanya memiliki satu exhaust.

Pada bagian interior, HR-V Turbo RS dibekali dengan material kulit yang dilengkapi dengan aksen merah pada bagian jahitannya. Lingkar setir varian Turbo RS juga sudah dilapis kulit, dan di bagian door trim juga ada tambahan soft pad yang empuk.

Varian teratas Honda HR-V ini juga sudah dibekali dengan 6 buah airbag, sedangkan varian di bawahnya hanya disematkan 4 buah airbag.

Untuk memudahkan pemilik mobil saat membuka bagasi, HR-V Turbo RS sudah dilengkapi pintu bagasi elektrik yang bisa dibuka tutup dengan mengibaskan kaki di bagian kolong belakang. Tak hanya itu, ada fitur walk-away close yang bisa menutup otomatis saat pengemudi (pemegang kunci) menjauhi mobil.

Fitur tersebut hanya ditemui di varian tertinggi, sedangkan untuk tipe SE belum memilikinya.

Adapun untuk fitur keamanan, kedua tipe mobil ini baik HR-V Turbo RS maupun SE sudah dibekali dengan Honda Sensing.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/04/090200015/selisih-rp-100-juta-apa-perbedaan-honda-hr-v-turbo-rs-dan-se-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.