Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Butuh Pendidikan buat Menciptakan Sopir Truk yang Kompeten

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu penyebab dari kecelakaan truk di jalan raya adalah human error atau kesalahan pengemudinya. Oleh karena itu, pengemudi truk seharusnya kompeten, bukan cuma bisa mengemudikan saja.

Untuk menghasilkan pengemudi truk yang kompeten, memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi di Indonesia, fenomena kernet naik pangkat jadi pengemudi truk sudah sering terjadi.

Elias C. Medellu, Ketua Harian Perkumpulan Pengemudi Profesi Nusantara mengatakan, kecelakaan yang melibatkan truk ini akan terus terjadi jika tidak ada perbaikan mutu atau kompetensi pengemudi.

“Bukan pembinaan yang dibutuhkan, tapi pendidikan ulang yang sistematis. Kemudian pengemudi diuji untuk menyaring yang tidak kompeten,” ucap Elias kepada Kompas.com, belum lama ini.

Menurutnya, melakukan pendidikan ulang yang sistematis bisa menggugurkan 30 persen pengemudi truk yang tidak kompeten. Memang hal ini akan mengurangi jumlah pengemudi truk di jalanan, tapi setimpal dengan tujuannya mengurangi angka kecelakaan.

Pendidikan ulang di sini maksudnya adalah pengemudi diberi bekal mulai dari teori nya dahulu. Mengingat soal skill, pengemudi truk di Indonesia bisa dibilang sudah tidak ada tandingannya.

“Bayangkan dengan kondisi stress takut kepergok petugas, dengan ongkos yang rendah tapi mampu menembus keramaian di kota besar tanpa kejadian apa-apa,” kata Elias.

Tapi masalahnya akan muncul kalau sudah ke luar kota, keselamatan hanya bergantung pada unsur “hafal medan”, bukan karena baca dan paham rambu-rambu. Jadi bisa dibilang mereka ini tidak pernah terdidik.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/02/202100615/butuh-pendidikan-buat-menciptakan-sopir-truk-yang-kompeten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke