Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Truk Hino di Indonesia Tidak ada Model Moncong?

JAKARTA, KOMPAS.com – Hino merupakan salah satu merek kendaraan niaga yang tersebar di seluruh dunia. Selain itu, Hino juga menjadi salah satu peserta Rally Dakar 2022 dan berhasil finis 31 kali sejak pertama kali ikut serta.

Truk yang digunakan Hino di Rally Dakar 2022 adalah Hino 600 series yang dijual di pasar Amerika. Perbedaan yang mencolok dari truk ini dengan yang dijual di Indonesia adalah bentuknya yang punya bonnet atau kap mesin.

Sedangkan di Indonesia, bentuk truk kebanyakan adalah cab over engine, alias kabin yang posisinya ada di atas mesin. Lalu mengapa truk dengan model konvensional yang posisi mesinnya ada di depan kabin tidak dijual di Indonesia?

Prasetyo Adi Yudho, Deputy GM Product Division PT Hino Motors Sales Indonesia mengatakan, model truk dengan kap mesin depan memang tren di Amerika, hal ini juga disukai oleh customer di sana.

“Itu memang khusus untuk US Market, jadi tidak untuk di luar Amerika,” ucap Prasetyo kepada Kompas.com, Selasa (1/2/2022).

Menurut Prasetyo, kebijakan penjualan truk dengan kap mesin ini memang dibuat oleh Hino dan Toyota Group global. Oleh karena itu, di Indonesia juga tidak dijual truk terbaru yang punya kap mesin depan.

“Tetap bisa masuk (Indonesia) dan permintaannya sih ada. Cuma ya kebijakan dari Hino Motors Ltd. Jepang dan di Jepang saja tidak dijual,” kata Prasetyo.

Truk dengan posisi mesin di depan punya beberapa keuntungan, yakni punya akses lebih mudah saat mau melakukan perbaikan. Selain itu, mesin yang dimuat juga bisa lebih besar dan bentuk moncongnya membuat truk jadi lebih aerodinamis.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/02/185100115/kenapa-truk-hino-di-indonesia-tidak-ada-model-moncong-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke