Salin Artikel

Jokowi Riding di Sekitar Danau Toba Pakai W175 Custom Gaya Bobber

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo kembali riding menggunakan Kawasaki W175 custom warna hijau metalik bergaya bobber. Kali ini rute yang dipilih adalah Simpang Sibisa di Kabupaten Toba menuju Kawasan Pantai Bebas Parapat di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Tercatat, kali terakhir Jokowi riding dengan W175 tersebut saat mengunjungi Lombok, Nusa Tenggara Barat, untuk mengecek dan menjajal langsung Sirkuit Mandalika, yang bakal digunakan dalam ajang MotoGP pada Maret 2022.

“Udara yang berhembus di sekitar Danau Toba ini segar sekali. Jalannya lumayan mulus, meski di beberapa tempat masih ada yang bergelombang sedikit-sedikit,” tulis keterangan foto Jokowi di Instagram (2/2/2022).

Menariknya, Jokowi juga menggunakan jaket hijau bertuliskan ‘G20’, yang juga ia pakai saat riding ke Mandalika.

Jaket buatan produsen lokal asal Kota Bandung, Rabbit and Wheels, tersebut berwarna dominan hitam dengan sedikit aksen warna hijau tua di bagian lengan dan bahu.

Di bagian depan jaket tersebut, terbentang tulisan G20 Indonesia 2022 dengan slogannya "Recover Together, Recover Stronger" tersemat di bagian dada sebelah kiri.

Sementara di bagian dada sebelah kanan terdapat logo produsen jaket. Logo G20 Indonesia, gunungan dengan motif kawung, yang sangat besar di bagian punggungnya menambah kesan gagah saat dipakai oleh kepala negara.

Adapun soal motor yang dipakai Jokowi, sebetulnya W175 itu merupakan pengembangan ketiga yang sudah dipakai Jokowi beberapa waktu lalu.

Secara garis besar, motor custom Jokowi itu mengalami tiga kali rombakan, pertama pada 2018 bergaya chopper, kemudian gaya chopper racer pada 2021 dan bobber pada awal 2022.

Andi Akbar, penggawa Katros Garage yang memodifikasi mmotor Jokowi, mengatakan, proses pembuatan motor ini tanpa kendala. Sebab, sedikit banyak ia sudah paham selera Jokowi, jadi draf rancangan dasar langsung disetujui.

Atenx sapaan akrabnya, mengatakan, secara keseluruhan fairing dilepas karena memang bukan gaya bobber. Sebab, tidak nyambung jika dipaksakan untuk dipakai di jalan raya.

Sedangkan untuk warna, Atenx mengatakan paham betul dengan regulasi di jalan raya dengan tetap mengunakan warna dasar hijau, walaupun kali ini warna hijaunya dipadukan dengan perak.

"Kalau untuk ubahan saya coba konsep baru bergenre bobber, kami tambahkan suspensi di bawah jok supaya nyaman saat bapak kendarai," kata Atenx di Tangerang, Jumat (14/1/2022).

"Semua penggarapannya in-house, ada sedikit kendala karena musim penghujan. Sedangkan untuk detail ubahan lain, kami berikan emblem dengan aksen senjata tradisional keris di breket sepatbor belakang," ujar dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/02/183526915/jokowi-riding-di-sekitar-danau-toba-pakai-w175-custom-gaya-bobber

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.