Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kasus 7 Bus Pariwisata Diajak Off Road, Ini Pentingnya Ketahui Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini, video tujuh unit medium bus yang terjebak di Kebun Kopi Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, ramai di media sosial Tiktok.

Akun Hafidz Transport Malang menceritakan kejadian tersebut lewat beberapa video yang dia unggah. Berdasarkan keterangan yang ada di video, kejadian tersebut terjadi, Senin (31/1/2022).

Kemudian, ditulis juga pada video tersebut kalau panitia mengabarkan kalau jalannya bisa dilalui bus. Namun kenyataannya, tujuh bus medium terjebak karena jalanan yang sempit dan risiko jatuh ke jurang.

“Rutenya enggak tepat, jalan miring ke kanan tapi ada jurang, di kiri malah ambles,” ucapnya dikutip dari video Tiktok, Selasa (1/2/2022).

Pada unggahan terbarunya, Hafidz mengatakan kalau tujuh bus akhirnya bisa turun. Namun tetap saja, ketika mengemudikan bus, rute yang bakal dilewati harus benar-benar bisa dilewati.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, tidak semua fasilitas jalan bisa dilalui kendaraan besar seperti bus.

“Bus dan truk diwajibkan lewat jalan utama, karena biasanya jalan alternatif dimensinya kecil atau sempit dan tidak didesain untuk kendaraan besar,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jika kendaraan tersebut dipaksa melalui jalan yang sempit, tentu bisa merusak jalan dan membuat kemacetan. Selain itu, jika dirasa jalanan terlalu kecil, sebelum melewatinya bisa berkoordinasi dan tanya warga sekitar.

“Boleh saja memakai aplikasi navigasi, namun hanya sebagai petunjuk alternatif. Untuk memastikan jalannya bisa dilalui atau tidak, tanya warga sekitar,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/02/082200815/kasus-7-bus-pariwisata-diajak-off-road-ini-pentingnya-ketahui-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke