Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Bahaya Microsleep Saat Nyetir, Fatal dan Mematikan

JAKARTA, KOMPAS.COM – Saat mengemudikan mobil, kondisi fisik dari pengemudi harus dalam keadaan prima. Bila pengemudi dalam keadaan kelelahan akan membuat mengantuk dan berbahaya.

Jika memaksakan melajukan mobil dalam keadaan tidak prima, pengemudi akan alami microsleep.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan jika microsleep adalah kondisi yang sangat berbahaya bagi pengendara.

“Kecelakaan saat mengantuk mengemudi biasanya tidak fatal, namun jika microsleep sangat fatal,” kata Sony baru-baru ini pada Kompas.com.

Sony menjelaskan jika microsleep adalah kondisi dimana otak sudah tidur. Meskipun fisik terlihat tidak tidur, namun otak yang tidur. Kondisi ini berbeda dengan orang yang mengantuk.

Seseorang yang mengantuk hanya fisik dan aktivitasnya saja yang melemah. Sedangkan microsleep akan membuat pikiran seseorang langsung kosong.

Kemudian, ketika tubuh lelah namun tetap memaksakan diri untuk mengemudi akan mengantuk. Setelah memasuki tahap mengantuk, masuk ke tahap super letih.

“Pada tahap dimana pengemudi alami pegal-pegal dia sudah mati rasa. Fungsi otak pengemudi tidak bekerja sehingga pikirannya ngambang. Pandangan dan pikiran kosong,” imbuh Sony.

Microsleep ini membuat seseorang kehilangan kendali atas tubuhnya, sehingga terkadang agresif saat mengemudi. Hal tersebut dikarenakan pengemudi menyetir mobil dalam keadaan otak tidur. Oleh karena itu, kecelakaan akibat microsleep sangat fatal.

Untuk mencegah kejadian ini, jangan pernah menambah kecepatan mengemudi saat mulai mengantuk. Mengantuk adalah sinyal awal bahaya dari tubuh dimana sudah waktunya untuk istirahat.

“Menambah kecepatan itu dipercaya membuat adrenalin pengemudi bertambah sehingga lebih segar. Namun konsep Itu salah. Itu sifatnya hanya sementara atau sesaat. Nanti akan kembali lemas lagi karena badan memang sudah drop dan waktunya istirahat,” tutup Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/14/202100315/kenali-bahaya-microsleep-saat-nyetir-fatal-dan-mematikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke