Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Ini Tips Road Trip Bareng Anak Naik Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara jarak jauh bersama anak-anak bisa menjadi momen yang cukup merepotkan jika tidak dipersiapkan dari awal.

Kesiapan fisik dan emosional pengemudi juga penting untuk menjaga situasi selama berkendara, sehingga semua dapat berjalan lancar dan anak-anak bisa menikmati perjalanan.

"Untuk anak-anak, penting sekali untuk kita persiapkan aktivitas bagi mereka. Yang pertama, anaknya sendiri harus dicukupkan istirahatnya," kata Anna Surti Ariani, Child & Family Psychologist pada Kompas.com, Sabtu (1/1/2022).

Ia mengatakan, orang tua seringkali berpikir bahwa anak-anak bisa tidur di mobil selama perjalanan. Padahal, anak yang terlalu kelelahan justru tidak bisa pulas tertidur dan akan berujung rewel.

Selain istirahat, orang tua juga harus bisa menyesuaikan jam perjalanan dengan rutinitas anak sehari-hari.

"Pastikan waktu perjalanan itu memang sesuai dengan rutinitas anak. Misalnya gini, kita tahu bahwa anak kita itu makan jam 12. Berarti, usahakan sekitar jam 12 itu sudah sampai di rest area, supaya bisa makan di waktu tersebut," paparnya.

Menurutnya, hal ini perlu diperhatikan karena tidak semua anak bisa makan di mobil sembari terus melanjutkan perjalanan.

"Sebaiknya, kalau misalnya makan, prosesnya itu jangan di jalan. Karena, anak-anak itu cepat mual," terangnya.

Kemudian, ia juga mengatakan bahwa anak perlu dipakaikan pakaian yang nyaman, sehingga anak tidak rewel dan merasa nyaman selama perjalanan panjang.

Tidak hanya perlengkapan anak, orang tua juga perlu memperhatikan keamanan anak di mobil, khususnya ketika anak sudah mulai bereksplorasi dan sudah mampu untuk membuka kunci pintu mobil ataupun jendela.

Fitur child lock dan window lock pada mobil dapat membantu mencegah terbukanya pintu atau jendela selama perjalanan.

Director dan Founder Real Driving Center (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, bahwa child lock penting untuk menjaga keamanan anak selama berkendara.

"Child lock dapat mencegah anak yang iseng membuka pintu saat mobil bergerak atau macet," ujar Roslianna pada Kompas.com, beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, ada fitur window lock yang berfungsi untuk mengunci jendela pada tiap pintu mobil sehingga tidak bisa dibuka sendiri, kecuali pengemudi membuka kuncinya.

Fitur-fitur ini berguna untuk melindungi anak di kabin mobil selama perjalanan panjang.

Penggunaan fitur child lock pun sangat mudah. Pemilik mobil tinggal menggeser tuas lock dan unlock yang terletak di bagian pintu mobil.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/01/172200915/catat-ini-tips-road-trip-bareng-anak-naik-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke