Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengendara Motor di Indonesia Kebiasaan Tidak Pakai Helm

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengendara motor di Indonesia bisa dibilang punya satu kebiasaan buruk, yakni tidak memakai helm saat berkendara. Helm kerap dijadikan alat agar tidak ditilang saja, bukan karena keselamatan.

Padahal kejadian kecelakaan yang melibatkan pengendara tanpa helm bisa berujung cedera berat atau bahkan kematian. Bukti kecelakaan pun sering terlihat di media sosial, tapi masih saja banyak pengendara yang tidak sadar akan pentingnya helm.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan dirinya juga tidak paham dengan kelakuan pengendara di Indonesia. Menurutnya pola pikir orang Indonesia susah ditebak.

“Kadang habis lihat kejadian kecelakaan, dia langsung hati-hati, namun beberapa hari kemudian udah biasa lagi, ngebut-ngebut,” ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (1/1/2022).

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana menambahkan, edukasi keselamatan untuk pengendara motor di Indonesia masih kurang. Selama ini para pengendara tumbuh dan berkembang berdasarkan pengalaman.

“Artinya, kalau belum mengalami kecelakaan, mereka belum berhenti berekspesi yang ekstrem, salah satunya berkendara tanpa helm,” kata Sony kepada Kompas.com di kesempatan terpisah.

Kemudian didukung juga oleh kebiasaan dari banyak remaja yang meremehkan hal keselamatan ketika berkendara. Banyak yang menganggap berkendara itu mudah dan minim kecelakaan, modal keterampilan saja sudah dianggap mumpuni.

“Peran orang tua sangat besar dalam memberikan pendidikan keselamatan. Salah satunya adalah kebiasaan orang tua yang jelek dan diikuti,” ucap Sony.

Menurutnya, kebiasaan berkeselamatan di jalan harus mulai dilakukan dari tingkat keluarga. Jangan sampai kebiasaan buruk tersebut membudaya dan malah terjadi kecelakaan di jalan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/01/162200315/pengendara-motor-di-indonesia-kebiasaan-tidak-pakai-helm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke