Salin Artikel

Bikers Wajib Tahu, Ini 7 Postur Tubuh yang Benar Saat Naik Motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Balap liar di Indonesia bisa dibilang masih marak terjadi. Anehnya, pengendara yang melakukan aksi tersebut berkendara dengan posisi yang aneh, yakni tiduran dan mengayunkan kaki.

Gaya berkendara seperti ini juga sering dibilang seperti lumba-lumba. Entah maksudnya apa dari gaya berkendara seperti ini, namun yang jelas posisi tersebut sangat berbahaya dan bisa berujung celaka.

Misalnya seperti pada video yang diunggah akun dashcam owners Indonesia ke Instagram. Pada video tersebut terlihat pengendara yang melaju cukup kencang dengan posisi berkendara tiduran dan tanpa menggunakan riding gear yang lengkap.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani berpendapat kalau pengendara tadi sudah membahayakan dirinya dan juga orang lain. Selain berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan umum, postur tubuhnya juga tidak benar.

“Bisa saja sewaktu-waktu dia melakukan pengereman, tapi tidak dapat mengendalikan kendaraannya karena posisi badan yang tidak benar saat berkendara,” ucap Agus kepada Kompas.com, Sabtu (1/1/2022).

Agus menjelaskan, saat berkendara ada tujuh postur yang harus diperhatikan agar perjalanan aman dan manuver mudah dilakukan.

Pertama adalah pandangan mata selalu lihat jauh ke arah, lalu pundak yang rileks, sikut agak menekuk, pegangan tangan penuh di setang, posisi pinggul saat duduk di jok, kaki menjepit tangki atau masuk ke sayap motor, dan kaki yang menapak di rem belakang.

“Apabila kita berkendara dengan posisi yang tidak sesuai, tentu membuat pengendara tidak mampu mengendalikan kendaraannya dengan baik. Sehingga manuver yang dilakukan bisa berisiko dan membahayakan pengendara lain di jalan raya,” kata Agus.

Menurutnya, pengendara yang seperti itu biasanya karena tingkat pengetahuannya yang rendah dan usia di bawah umur. Mereka belum dapat berpikir keselamatan dirinya dan orang lain di jalan raya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/01/132200815/bikers-wajib-tahu-ini-7-postur-tubuh-yang-benar-saat-naik-motor

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.