Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Terabasan Buat Pemula, Jangan Main Masuk Hutan

BOGOR, KOMPAS.com – Melakukan olah raga ekstrem dengan motor trail memang bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Apalagi ketika terabasan di jalur off road, termasuk hutan lindung, atau sekadar perkebunan rindang, pengendara bisa merasakan segarnya berada di tengah alam.

Bagi yang mau mencoba olahraga terabasan ini, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Tips berikut ini diberikan oleh Muhammad Arief, Trainer Yamaha Riding Academy.

Tips pertama untuk pemula adalah belajar basic berkendara off road. Mengingat ketika mengendarai motor di jalanan aspal dengan kontur tanah sangat berbeda rasanya, tidak bisa disamakan cara berkendaranya.

“Kalau pemula banget, pertama bagusnya belajar basic di lapangan tanah yang kosong. Jadi latihan dasar seperti posisi berkendara, cara pengereman, uphill, downhill, dan cara menyeimbangkan motor,” ucap Arief di Sentul belum lama ini.

Kemudian jika mau masuk ke jalur terabas, safety gear yang digunakan harus lengkap. Misalnya seperti helm dan goggles (kacamata) itu dipasang dengan benar. Sering ditemui goggles dipasang di bagian dagu atau samping helm.

“Sebisa mungkin protektor dada itu dipakai. Di jalur itu ada batu, pohon dan obyek lainnya berpotensi besar bersentuhan dengan badan. Kemudian protektor leher juga digunakan, jadi saat jatuh leher tidak patah karena menahan helm,” kata Arief.

Begitu juga soal sepatu, harus yang khusus untuk off road yang melindungi kaki secara penuh. Jangan lupa meggunakan protektor tangan serta lutut yang membantu mengurangi cedera ketika terjatuh.

“Sebisa mungkin bareng dengan teman yang sudah biasa main di jalur. Jadi kita bisa mengikuti jalur dia untuk belajar,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/01/104200215/tips-terabasan-buat-pemula-jangan-main-masuk-hutan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke