Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Isi Daya Mobil Listrik Lexus UX 300e, Cuma Rp 70.000-an

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai mobil listrik, Lexus UX 300e menawarkan konsumsi daya yang ekonomis bila dibandingkan mobil bermesin konvensional.

Seperti halnya mobil dengan mesin bakar internal, pengukuran konsumsi daya dapat dipantau melalui layar MID (Multi Information Display).

Namun, yang berbeda dari mobil listrik adalah satuan pengukuran yang menggunakan ‘km per kWh’ bukan ‘km per liter’.

Berdasarkan pengetesan Kompas.com saat melaju dengan UX 300e di jalan perkotaan yang macet dan rute luar kota yang lengang.

Catatan konsumsi listriknya setelah melaju hingga 587,9 km, menghasilkan angka rata-rata 6,4 km per kWh. Untuk diketahui, hasil ini didapat melalui penghitungan layar MID di dasbor.

Dengan baterai mobil yang berkapasitas 54,3 kWh, artinya mobil bisa melaju sejauh 347,52 km jika baterainya terisi penuh.

Sementara itu dengan tarif listrik saat ini yang dipatok Rp 1.444 per kWh, biaya pengisian baterai UX 300e sampai penuh dihargai Rp 78.409, di luar biaya administrasi dan lainnya.

Biaya yang cukup murah jika melihat jarak tempuhnya yang bisa menembus 300 km lebih. Tentu ini bakal menghemat ongkos Anda.

Apalagi jika dibandingkan mobil bermesin konvensional, yang butuh biaya hingga ratusan ribu rupiah jika dipakai untuk jarak tempuh yang sama.

Akan tetapi ongkos pengecasan yang murah harus dibayar dengan waktu tunggu pengisian daya yang terbilang lama.

Jika diisi dengan portable charging bawaan mobil, dengan daya listrik rumah tangga sebesar 2.200 watt, pengecasan 0-100 persen bisa mencapai 20 jam ke atas.

Adapun jika mengisi daya di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) fast charging dengan soket DC Charger, untuk pengecasan 0-100 persen kurang lebih 2 jam.

Sedangkan jika memakai AC Charger, bukan fast charging, pengecasan 0-100 persen membutuhkan waktu sekitar 6 jam.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/14/182100415/isi-daya-mobil-listrik-lexus-ux-300e-cuma-rp-70.000-an

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke