Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Viral Perempuan Malah Bawa Kabur Motor Jambret

Berdasarkan video yang diunggah akun Instagram indodepok_id, aksi dilakukan pada siang hari. Awalnya aksi jambret dilakukan sendiri, tapi karena korban melawan akhirnya teman pelaku membantu.

Sial buat pelaku kejahatan tersebut, korban justru berhasil merebut dan membawa kabur motor penjambret.

Bahkan sebetulnya bukan cuma perempuan yang sedang jalan kaki dan dijambret tapi juga buat pengendara sepeda motor. Sebab tak sedikit terjadi aksi begal kendaraan bermotor.

Lantas bagaimana cara menyikapi kejahatan seperti itu jika ada jambret atau begal. Pertanyaannya apakah aman melawan penjahat seperti itu?

Rifat Drive Labs Andry Berlianto mengatakan, jika mampu melawan begal yang mengincarnya itu jadi pertahanan pertama tapi mesti lihat kondisi dan kemampuan.

“Misal ketika di atas motor bisa dengan melumpuhkan kendaraan lawan seperti menendang motornya atau menekan rem jika di sisi kanan,” kata Andry belum lama ini kepada Kompas.com.

Namun, baiknya memang pengendara tidak bertindak defensif.

“Melawan itu berbahaya terutama untuk diri sendiri. Jadi pastikan lakukan persiapan sebelum berkendara. Fokus perhatikan sekeliling, dan berhenti di tempat aman untuk mencari pertolongan jika merasa diincar,” katanya.

Andry juga menyarankan, jika berkendara malam hari sebaiknya tidak dalam posisi sendiri. Jika ada teman satu rute sebaiknya berjalan bersama-sama atau mudahnya pilih jalan yang ramai.

“Terakhir gunakan riding gear yang baik dan benar untuk mereduksi luka jika terjatuh karena ulah penjahat,” kata.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/12/131747715/video-viral-perempuan-malah-bawa-kabur-motor-jambret

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke