Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Lebih Nyaman Mana All New Avanza dan New Veloz | Calon MPV Baru Toyota Siap Meluncur | Xenia Hilang dari Daftar Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota All New Avanza dan All New Veloz merupakan spesies yang berbeda. Toyota membedakan keduanya dengan identitas eksterior dan interior yang cukup jelas.

Kendati demikian, kedua MPV sejuta umat ini dibangun dari platform yang sama. Baik struktur sasis maupun sistem kaki-kaki. Lantas, siapa yang lebih nyaman?

Kemudian ada juga berita mengenai calon MPV baru Toyota yang siap meluncur bulan depan. Setelah meluncurkan Avanza dan Veloz yang fenomenal pada November lalu, Toyota masih berencana menghadirkan MPV barunya pada tahun depan.

Kabarnya, MPV pintu geser Voxy dan Noah generasi empat siap memulai debutnya pada Januari 2022.

Untuk lebih lengkapnya, berikut berita terpopuler kanal Kompas Otomotif pada, Sabtu 11 Desember 2021.

1. Mana Lebih Nyaman, Toyota All New Avanza atau All New Veloz?

Toyota All New Avanza dan All New Veloz merupakan species yang berbeda. Toyota membedakan keduanya dengan identitas eksterior dan interior yang cukup jelas.

Kendati demikian, kedua MPV sejuta umat ini dibangun dari platform yang sama. Baik struktur sasis maupun sistem kaki-kaki.

Namun setelah awak redaksi melakukan uji coba di Pulau Dewata, 7-9 Desember 2021 lalu, ternyata ditemukan adanya perbedaan dalam hal kenyamanan terutama pada kinerja suspensi.

2. Calon MPV Baru Toyota Siap Meluncur Bulan Depan

Kabarnya, MPV pintu geser Voxy dan Noah generasi empat siap memulai debutnya pada Januari 2022. Disitat dari Paultan (11/12/2021), Voxy terbaru bakal memiliki tampilan yang lebih agresif dari Noah.

Bicara soal dapur pacu, diprediksi MPV ini bakal punya mesin hybrid dan mesin bensin 2.000 cc, serta dipasangkan dengan transmisi otomatis CVT. Dengan ubahan yang cukup segar, rasanya mungkin saja Toyota Astra Motor nanti akan mendatangkan Voxy generasi baru untuk hadir di Indonesia.

3. Xenia Hilang dari Daftar Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen, Ini Kata Daihatsu

Diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru yang saat ini sedang berlaku diusulkan oleh Kementerian Peridunstrian (Kemenperin) agar menjadi permanen mulai tahun depan.

Kemenperin mensyaratkan mobil-mobil penerima diskon PPnBM pada tahun depan harus memiliki kandungan lokal atau local purchase minimal 80 persen.

Dengan adanya aturan baru PPnBM, Daihatsu Xenia harus terlempar dari daftar calon penerima diskon PPnBM permanen. Karena berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian No 1737/2021, local purchase Xenia hanya mencapai 79,2 persen.

4. Ini Daftar Mobil Baru Calon Penerima Diskon PPnBM Permanen

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengusulkan untuk memberikan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru yang sedang berlaku saat ini agar menjadi permanen.

Namun Kemenperin mengajukan syarat utama yang harus dipenuhi untuk mendapatkan subdisi ini dari pemerintah, yakni memiliki kandungan lokal atau local purchase minimal 80 persen.

Adapun jika syarat local purchase dinaikkan menjadi 80 persen, mobil-mobil penerima diskon PPnBM berkurang menjadi 11 model saja.

5. Tanggapan Honda Soal PPnBM 0 Persen Permanen

Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) 0 Persen saat ini sedang diusahakan oleh pihak Kementerian Perindustrian (Kemenperin) agar diberikan secara terus menerus atau permanen.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan, untuk PPnBM DTP (Ditanggung Pemerintah) ini, terbukti sangat efektif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara nasional melalui industri otomotif.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/12/072100015/-populer-otomotif-lebih-nyaman-mana-all-new-avanza-dan-new-veloz-calon-mpv

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke