Salin Artikel

Jika Gagal, Pemohon SIM yang Tes Psikologi Cuma Bisa Mengulang 15 Kali

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menetapkan tes psikologi sebagai salah satu syarat permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru dan perpanjangan SIM di wilayah hukum Polda Metro Jaya sejak 2018.

Bagi para pemohon SIM yang tidak lolos dalam tes kesehatan rohani bisa mengulang kembali dua hari setelah tes pertama dilakukan.

Bahkan, pemohon mendapatkan kesempatan sebanyak 15 kali dalam satu bulan untuk bisa lolos tes kejiwaan tersebut.

Salah seorang psikolog dari Edisantoso Konsultan Psikologi selaku pelaksana tes kesehatan rohani, Bela Destiana Wadani mengatakan, ada perbedaan mengenai jenis tes psikologi yang diberikan kepada pemohon. Perbedaan jenis tes tersebut disesuaikan dengan jenis SIM pemohon.

“Untuk pemohon SIM C hanya mengikuti tes timas saja, sedangkan untuk pemohon SIM A mengikuti dua tes yakni timas dan wartegg. Tes ini untuk mengetahui mengenai kepribadian pemohon, ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab pemohon,” ucapnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dari dua jenis tersebut, Bela mengatakan bahwa untuk pemohon SIM A juga harus mengikuti tes membuat grafis.

Bagi para pemohon yang tidak lolos dalam tes psikologi, Bela mengatakan, masih ada kesempatan untuk mengulanginya.

Bahan pihaknya menyediakan kesempatan bagi pemohon lebih kurang sebanyak 15 kali yang akan berlaku dalam satu bulan.

“Jadi bagi yang belum lulus nanti bisa melakukan perbaikan. Perbaikan dilakukan dua hari setelah tes dan ini bisa dilakukan selama satu bulan sehingga lebih kurang bisa mencoba selama 15 kali,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/29/171200915/jika-gagal-pemohon-sim-yang-tes-psikologi-cuma-bisa-mengulang-15-kali

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.