Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menko Airlangga Hartarto Resmi Buka GIIAS 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Indonesia Convention Center (ICE), BSD City, Tangerang, Kamis (11/11/2021)

Pameran otomotif diresmikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto di dampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Airlangga mengatakan, ajang terkait digadang sebagai langkah positif Tanah Air dalam menyambut kondisi yang membaik usai terdampak pandemi Covid-19 setahun belakangan.

"Perkembangan dan penanganan atas Covid-19 di Indonesia sangat baik. Bahkan di ASEAN karena hampir seluruh wilayah (Indonesia) masuk ke level 1," kata Airlangga dalam seremoni pembukaan GIIAS 2021 di BSD City, Tangerang, Kamis.

Pameran otomotif ini, tambah Airlangga,  juga jadi salah satu bukti langkah positif Tanah Air dalam menyambut masa depan lebih baik.

"Saya lihat juga akan ada beberapa produk baru yang siap dihadirkan, termasuk kendaraan listrik. Ini akan jadi suatu hal positif terhadap sektor otomotif beserta indistri yang berkaitan," ujarnya.

"Kita harap pameran ini bisa mendorong daripada industri otomotif nasional. Sebab, sektor tersebut memiliki multiplier effect yang besar," tambah dia.

Dalam kesempatan sama, Airlangga mengingatkan kepada seluruh pihak terkait agar selalu menerapkan protokol kesehatan demi keberlangsungan bersama.

"GIIAS 2021 merupakan satu-satunya pameran otomotif yang mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk seluruh asosiasi dunia untuk dihelat pada masa pandemi Covid-19," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi.

"Pameran tahun ini menggunakan tema Wheel to Move, yakni pernyataan bahwa industri otomotif Indonesia akan terus melaju dan didorong bersama pameran GIIAS 2021," ujar dia lagi.

Sebelumnya, acara pembukaan dan peresmian GIIAS 2021 direncanakan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Namun jelang perhelatan, rencana diubah.

Sebagai gantinya, seremoni pembukaan diisi oleh Airlangga yang didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dalam pameran tersebut, sedikitnya terdapat 22 merek otomotif yang akan meramaikan, yakni Audi, BMW, Daihatsu, Honda, Hyundai, Kia, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling untuk kendaraan roda empat berpenumpang.

Sementara untuk kendaraan komersial, ada Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan Scania. Adapun sepeda motor, hanya diisi oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dan Benelli Motor Indonesia (BMI).

Kendati demikian, bagi pecinta roda dua ada juga merek SM Sport, SYM, CF Moto, W Moto, dan Kosmik Indonesia. Kendaraan terkait dibawa langsung oleh distributornya masing-masing.

Adapun pelaksanaan GIIAS 2021 dibagi dalam dua sesi, yakni khusus untuk undangan VIP dan pers pada 11 November 2021 mulai pukul 12.00 - 20.00 WIB dan umum mulai 12-21 November 2021 pukul 11.00 - 20.00 WIB.

Dalam menikmati pameran tiap harinya pengunjung akan dibagi dalam tiga sesi yaitu pukul 11.00 - 14.00 WIB, 14.00 - 17.00 WIB, dan 17.00 - 20.00 WIB.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/11/105047015/menko-airlangga-hartarto-resmi-buka-giias-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke