Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lebih Mahal Rp 13 Juta, Apa Perbedaan Suzuki Ertiga Facelift

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Ertiga facelift dikabarkan akan melantai hari ini, Kamis (11/11/2021) pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (Gaikindo) 2021.

Berdasarkan informasi yang tim redaksi dapatkan, MPV murah Suzuki ini akan disematkan dengan beberapa ubahan, seperti panel atap warna hitam, spion hitam, rear spoiler hitam, lis gril hitam, front spoiler ornamen merah, lis pintu belakang merah, dan stiker di pintu samping.

Paling menarik, Ertiga Limited Edition ini digadang-gadang akan dibekali dengan fitur Smart E-Mirror yang sebelumnya sudah disematkan pada Suzuki XL7 varian Alpha.

Bicara soal harga, Suzuki Ertiga Sport terbaru diperkiraan berada di kisaran Rp 258 juta sampai Rp 268 jutaan. Banderol tersebut terpaut Rp 13 juta lebih mahal dari model lamanya, yakni Rp 245,350 untuk tipe manual dan Rp 255,150 tipe matik.

Bisa jadi salah satu faktor kenaikan harga tersebut karena adanya fitur smart e-mirror.

Untuk diketahui, smart e-mirror merupakan kaca spion tengah digital yang memiliki banyak fungsi untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Spion pintar ini tak hanya mampu menampilkan situasi area belakang, namun di dalam perangkat tersebut terdapat alat untuk merekam kondisi sesuai yang tampak pada layar spion.

Ada memori untuk menyimpan video rekaman smart e-mirror dengan kapasitas 16 gigabyte dalam bentuk micro SD. Jika dirasa kurang, konsumen bisa menambah kapasitas hingga 64 gigabyte.

Guna merekam kejadian di area depan mobil, smart e-mirror ini terkoneksi dengan kamera yang menempel di punggung spion dan juga bisa diatur angle sesuai keinginan. Sedangkan, untuk memantau area belakang, kameranya diletakkan di sebelah pegangan pintu bagasi.

Fungsi spion pintar ini bukan sekadar buat aksesori semata, namun bisa digunakan sebagai barang bukti ketika ada hal-hal yang tidak diinginkan, atau kejadian unik di jalan layaknya on board camera.

Namun, saat Anda agak terganggu dan ingin memfungsikannya seperti biasa, fitur ini bisa dimatikan semudah menekan tombol yang ada di bagian bawah spion.

Setidaknya ada empat fungsi penting dari fitur smart e-mirror. Keempat fungsi dari smart e-mirror tersebut, mulai dari kemungkinan pengendara melihat situasi di belakang mobil dengan jelas tanpa terhalang kondisi di dalam mobil. Seperti penumpang yang penuh, barang yang menumpuk, atau kaca yang tidak bersih.

Fitur tersebut juga dapat merekam kondisi di depan dan belakang mobil secara bersamaan sehingga fungsinya seperti dash cam. Berguna menjadi spion tengah bila kamera dinonaktifkan, serta memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar sampai 64 GB.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/11/090200515/lebih-mahal-rp-13-juta-apa-perbedaan-suzuki-ertiga-facelift-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke