Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

GNIK Gandeng Bridgestone Gelar Kongres Nasional 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Indonesia Kompeten (GNIK) dalam penyelenggaraan Kongres Nasional Indonesia Kompeten II yang dilaksanakan secara hybrid mulai tanggal 28 sampai 29 Oktober 2021.

Dengan tema “Akselerasi SDM Kompeten Dalam Penciptaan Lapangan Kerja dan Kewirausahaan Menuju Indonesia Maju”, kongres ini bertujuan untuk meningkatkan employabilitas sumber daya manusia dengan kompetensi yang relevan untuk Indonesia paska pandemi, mendukung percepatan implementasi kampus merdeka dengan mengajak industri bersama-sama membuka program magang untuk mahasiswa dan siswa SMK serta menggalakkan program enterprenership untuk membuka lapangan kerja baru.

Kongres Nasional ini melibatkan sejumlah pihak kementrian seperti Kemnaker, KemenDikbud-Ristek, Kemenpan RB, Kemenperin, dan Kementan demi mewujudkan link-and-match pendidikan, pemerintah, tenaga kerja dan industri untuk meningkatkan penciptaan lapangan kerja dan kewirausahaan di Indonesia.

Kongres Nasional ini selaras dengan komitmen global CSR Bridgestone yaitu, 'Our Way to Serve', dimana perusahaan terus berupaya mendukung masyarakat setempat meningkatkan cara orang untuk hidup, belajar, dan bekerja.

Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia Mukiat Sutikno mengatakan, pihaknya sangat antusias dan merasa terhormat dapat mendukung pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia.

“Pandemi 2020 yang berdampak terhadap penurunan ekonomi, menjadikan kompetensi sumber daya manusia, penciptaan lapangan kerja, dan program kewirausahaan menjadi pusat perhatian. Hal ini sejalan dengan tujuan Bridgestone untuk berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan,” kata Mukiat Sutikno dalam keterangan resmi, Minggu (31/10/2021).

Acara Kongres Nasional Indonesia Kompeten II ini dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang diwakili oleh Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia pada hari pertama, serta dihadiri oleh sejumlah Menteri negara sebagai narasumber. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh lebih dari 4.500 peserta via online dan offline.

“Kolaborasi dengan industri untuk mensukseskan kongres GNIK II merupakan bentuk nyata kepedulian Industri terhadap perkembangan kompetensi manusia Indonesia untuk menyongsong tahun Indonesia emas. Dengan demikian, partnership ini akan terus dipupuk dan dikembangkan menjadi inisiatif-inisiatif produktif di masa yang akan datang,” Ujar Bambang Yapri Ketua Operating Committee Kongres GNIK II 2021.

Sebelumya, serangkaian acara menuju Kongres Nasional sudah dilaksanakan sejak 17 Agustus 2021 lalu, dan dihadiri oleh total kurang lebih 600 peserta dari seluruh Indonesia dan melibatkan beberapa narasumber terpercaya seperti Ridwan Kamil, Gubernur Provinsi Jawa Barat, Yoswohady, Managing Partner Inventure dan sederet ahli di bidang masing-masing.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/31/213255415/gnik-gandeng-bridgestone-gelar-kongres-nasional-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke